Para pemuda dari organisasi Remaja Masjid Miftahul Jannah (RMMJ), Desa Bajubang Laut, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi, mengadakan beragam jenis perlombaan untuk merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Salah satunya Pacu Perahu Tradisional Tingkat Desa Bajubang Laut, Kamis.

Kegiatan Lomba ini mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat dengan diikuti 21 tim. Bahkan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Batanghari yakni Adison, turut menjadi peserta dalam lomba tersebut.

“Iya, saya bersama tokoh Pemuda juga ikut mendaftar sebagai peserta,” kata Adison.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera, yang juga merupakan putra daerah Desa Bajubang Laut ini termotivasi untuk mendukung kegiatan masyarakat.

“Alhamdulillah kepala desa beserta perangkatnya juga ikut mendaftar sebagai Tim Pemerintah Desa. Momen ini menurut saya menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kebersamaan dan menjaga kekompakan di masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Bajubang Laut Edi Yanto mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan para pemuda khususnya Remaja Masjid Desa setempat.

“Yang jelas kami selalu mendukung kegiatan para pemuda. Kami juga berpesan tetap jaga kekompakan, dan buktikan semangat para pemuda untuk memajukan desa,” ujarnya.

Di samping itu, berbagai perlombaan unik pun juga diadakan oleh Remaja Masjid Miftahul Jannah Desa Bajubang Laut ini, seperti balap karung, yang mana pesertanya harus memakai helm. 

Lomba ini diikuti oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya itu, pertandingan futsal juga tidak kalah unik, dimana para pesertanya harus memakai daster atau kain sarung, serta memakai helm selama pertandingan berlangsung.

Ketua Remaja Masjid Miftahul Jannah Desa Bajubang Laut Pirdana Atrio Putra menyebutkan ada sekitar 10 jenis lomba dengan berbagai kategori yang mereka adakan.

“Selain lomba balap karung dan futsal dan Pacu Perahu, ada juga lomba tarik tambang, joget sambil rebutan kursi, lempar tepung estapet, panjat pinang, dan perlombaan lainnya,” katanya.

Kegiatan perayaan tersebut, sudah berjalan lebih kurang tiga hari terhitung sejak lebaran ketiga tepatnya Senin (24/04/2023) kemarin.

Kegiatan ini dilaksanakan berkat swadaya dari masyarakat dan juga para pemuda yang tergabung dalam Remaja Masjid Miftahul Jannah.

"Alhamdulillah kami juga mendapat dukungan penuh dari bapak anggota dewan kita,  beliau sudah menyumbangkan materil maupun moril untuk mensukseskan kegiatan ini,” kata Pirdana.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023