PetroChina International Jabung LTD menggelar pelatihan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pangkal Babu di Desa Tungkal Satu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Jambi, untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan personel dalam kegiatan ekowisata hutan mangrove setempat.

Program itu merupakan program pengembangan masyarakat dari SKK Migas PetroChina International Jabung LTD pada 2023.

Pada kegiatan ini PetroChina diwakili Govrel Advisor PetroChina International Jabung Ltd Ahmad Ramadlan, Sekretaris Disparpora Tanjab Barat Kamaluddin, Perwakilan Desa Tungkal Satu, mahasiswa PKL dari Universitas Jambi dan para peserta pelatihan dari Pokdarwis Pangkal Babu, serta tokoh pemuda, Kamis.

Govrel Advisor PetroChina International Jabung Ltd Ahmad Ramadlan mengatakan PetroChina sangat mendukung kegiatan positif yang utamanya adalah program pengembangan masyarakat di bidang kepariwisataan.

"Alhamdulillah hari ini kita dapat bertemu dan melakukan kegiatan pelatihan pokdarwis di wisata pangkal babu, karena kami mempunyai perhatian khusus untuk masyarakat desa itu," kata dia.

PetroChina telah menyiapkan pembangunan akses jalan menuju daerah wisata Pangkal Babu serta menyiapkan akses masuk di ekowisata hutan mangrove.

"Untuk itu kami berharap kepada kelompok sadar wisata untuk dapat terus meningkatkan kualitas pariwisata Pangkal Babu," kata dia.

Menurutnya semua pihak harus mempertahankan, merawat dan mempromosikan daerah wisata ini.

Sementara itu, untuk mensupport ekowisata magrove Pangkal Babu, Disparpora Tanjab Barat mendukung langkah PetroChina yang menggelar kegiatan pelatihan Pokdarwis Pangkal Babu.

Sekretaris Dinas Parpora Tanjab Barat Kamaluddin mengatakan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) merupakan lembaga di masyarakat yang memiliki beberapa anggota terdiri dari pelaku kepariwisataan.

Mereka harus mempunyai sifat bertanggungjawab dan empati serta memiliki peran sebagai penggerak dalam mendukung berkembangnya kepariwisataan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Peran masyarakat dalam mengembangkan pariwisata sangat penting, karena itu bukan hanya Pokdarwis yang akan mendapat manfaat namun juga masyarakat sekitar daerah itu sendiri dan dengan dilaksanakannya pelatihan diharapkan dapat menerapkan fungsi dan peran Pokdarwis dalam mengembangkan destinasi pariwisata di daerah ekowisata Pangkal Babu ini," katanya.

Pihak Disparpora Tanjung Jabung Barat sangat mengapresiasi kepada pihak PetroChina International Jabung LTD yang mau membantu masyarakat di wilayah Tanjung Jabung Barat ini.

"Kami sangat bersyukur dan mengapresiasi adanya perhatian dari PetroChina ini, dengan ini tentu bisa menjadi peningkatan ekonomi masyarakat di bidang pariwisata," kata Kamaluddin.







 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023