Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi berupaya menjamin peningkatan produksi pertanian padi melalui pemanfaatan teknologi tepat guna di bidang pertanian seperti penggunaan benih unggul bermutu.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi Evridal Asri di Jambi , Sabtu, mengatakan penggunaan teknologi ini dilakukan untuk mengatasi persoalan lahan di Kota Jambi yang hampir setiap tahunnya mengalami alih fungsi, menjadi pemukiman, komersial dan sebagainya.

"Kota Jambi memiliki lahan yang terbatas untuk pelaksanaan usaha budidaya tanaman komoditi pangan, sehingga perlu adanya terobosan dan inovasi teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan penggunaan teknologi yang spesifik," katanya.

Salah satu kelompok tani yang menggunakan benih ini adalah Kelompok Tani Tunas Harapan, Kelurahan Penyengat Rendah, Kota Jambi yang memiliki lahan seluas 70 hektare. Kelompok ini menanam padi menggunakan benih unggul bermutu dan bersertifikat sebanyak 12.500 kilogram dengan jenis varietas Inpari 32.

Menurut dia, kelompok tani tersebut dapat dijadikan contoh bahwa petani Kota Jambi juga mampu menghasilkan produk pertanian pangan yang dapat menyumbang penyediaan pangan bagi masyarakat Kota Jambi.

Ia mengharapkan kelompok tani lainnya bisa tetap eksis untuk mengupayakan usaha pertanian serta terus mencari solusi dalam menghadapi tantangan sektor pertanian di masa depan.

Evridal turut memastikan langkah penggunaan benih unggul yang dapat mendukung produktivitas mampu mendukung langkah pengendalian inflasi. Selama ini pemenuhan kebutuhan pangan menjadi sangat penting karena dapat mempengaruhi fluktuasi harga bahan makanan.

Guna memastikan produksi pertanian yang baik, Pemkot Jambi juga memberikan bantuan peralatan sarana produksi pertanian bagi kelompok tani dan masyarakat, seperti hand tractor, cultivator, rak hidroponik, bibit bersertifikat, perahu nelayan, tanaman cabai dalam polybag.

Selain itu, pemkot ikut mengusahakan sertifikat kelayakan pengolahan hasil perikanan dari KKP, obat-obat usaha budi daya perikanan, surat keterangan kesehatan produk hewan, serta memberikan hadiah pemenang lomba kelompok wanita tani.

Baca juga: Pemkot Jambi beri bantuan UMKM percepat penurunan angka kemiskinan ekstrem

Baca juga: Menteri ATR/BPN serahkan sertifikat hak pakai 12 Persil Kota Jambi


Baca juga: BI dan Pemkot Jambi tumbuhkan semangat pengendalian inflasi lewat GNPIP

Pewarta: Tuyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023