Pemerintah Kota Jambi tercatat telah memasang 850 lebih unit lampu LED untuk penerangan jalan pada 2023 dari target pemasangan sebanyak 1.200 unit lampu hingga akhir tahun.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Jambi Mahruzar di Jambi, Minggu, mengatakan pihaknya sedang melakukan pendataan terkait kebutuhan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). 

"Rinciannya 1.000 unit dialokasikan pada APBD murni dan 200 unit pada APBD-Perubahan atau sebesar Rp600 juta," katanya.

Ia memastikan dana tambahan dalam APBD-Perubahan tersebut akan dimanfaatkan untuk mengejar target pemasangan lampu.

Untuk kebutuhan LPJU tersebut, kata dia, jika diasumsikan satu rukun tetangga membutuhkan 30 lampu penerangan jalan, maka total kebutuhan pemasangan LPJU di Kota Jambi mencapai 44 ribu lebih lampu.

Berdasarkan data, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Jambi mencatat bahwa hingga saat ini Pemkot Jambi telah memasang 22 ribu lebih unit lampu atau sebesar 50 persen dari target pemasangan.

"Jumlah RT di Kota Jambi ini 1.600-an. Makanya untuk kebutuhan ini masih kita data, yang paling banyak usulan itu di Kecamatan Alam Barajo," katanya pula.

Menurut dia, saat ini di Kota Jambi masih banyak LPJU yang dipasang pada tiang PLN atau Telkom. Hal itu karena Pemkot Jambi tidak mengalokasikan anggaran untuk tiang.

Oleh karena itu, jika ada usulan yang memerlukan penggunaan tiang, maka kondisi tersebut akan dipertimbangkan sesuai dengan ketersediaan anggaran.

Upaya ini adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan penerangan jalan umum, menciptakan lingkungan yang lebih terang, aman, dan nyaman bagi warganya di Kota Jambi.

Baca juga: Pemkot Jambi jamin hasil tanam padi dengan benih unggul bermutu

Baca juga: Pemkot Jambi beri bantuan UMKM percepat penurunan angka kemiskinan ekstrem


Baca juga: Pemkot Jambi kerja sama pengendalian inflasi dengan tiga daerah

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023