Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi Kortini JM Sihotang bersama timnya didampingi langsung Kalapas Kelas IIB Bangko, telah melaksanakan kegiatan sarapan bersama Warga Pembinaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas II B Bangko.

"Kegiatan ini saya lakukan sebagai upaya dirinya untuk mempererat hubungan dengan warga binaan lapas, tetapi juga untuk menciptakan atmosfer yang lebih dekat dan humanis di lingkungan pemasyarakatan," kata Kortini JM Sihotang, Rabu.

Kegiatan itu merupakan agenda perdana dari Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi, Kortini yang mengawali kegiatan dengan melakukan mengecek kondisi pemeriksaan peralatan dapur, peralatan makan narapidana dan bahan pangan Lapas Kelas II B Bangko.

Dalam suasana yang hangat dan penuh keakraban, petugas pemasyarakatan, WBP, dan tamu undangan berkumpul untuk sarapan bersama di halaman Lapas Kelas II B Bangko.

Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya memahami bahwa warga pembinaan pemasyarakatan adalah bagian dari masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian, dukungan, dan penghargaan.

"Dengan pendekatan humanis ini, diharapkan petugas bisa mendengar keluh kesah dari WBP dan sekaligus dapat melakukan pencegahan jika ada informasi yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas II B Bangko," kata Kortini JM Sihotang.

Ia juga menyampaikan pentingnya untuk memenuhi hak dan kewajiban para WBP, melakukan sinergi antara petugas lapas dan narapidana, serta menerapkan unsur kekeluargaan dalam melakukan pembinaan kepada WBP.

Selama kegiatan, suasana penuh kebersamaan terasa di antara semua peserta. Para WBP dan petugas pemasyarakatan duduk bersama, berbagi makanan, serta bercengkrama dengan penuh kehangatan. Kegiatan ini menciptakan momen humanis yang langka di dalam dinding pemasyarakatan yang seringkali dipenuhi dengan ketegangan.

Baca juga: Kortini JM Sihotang Plt Kakanwil Kemenkumham Jambi

Baca juga: Sekdaprov Jambi bacakan pesan menteri pada upacara hari Kemenkumham ke-78

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Jambi gelar bakti sosial bantu cegah stunting







 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023