Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi yang melakukan edukasi secara masif selama berlangsungnya kegiatan bulan inklusi keuangan telah mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terkait manfaat penggunaan produk dan layanan keuangan.

"Kami telah memberikan 27 kegiatan edukasi kepada masyarakat setempat selama kegiatan bulan inklusi keuangan berlangsung di Jambi," kata Kepala Kantor OJK Provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata di Jambi, Senin (30/10).

Dia mengatakan kegiatan edukasi diselenggarakan mulai dari seminar, industri jasa keuangan goes to school, program pendampingan, pameran, training of trainers hingga bisnis matching.

Adapun sasaran OJK selama bulan inklusi keuangan ini terutama para pelajar, mahasiswa guru dan masyarakat secara umum.

Baca juga: OJK Jambi catat jumlah investor pasar modal meningkat 22,59 persen

Yudha menyebutkan tujuan dari edukasi yang dilakukan selama bulan inklusi keuangan ini salah satunya untuk mendorong perluasan akses terhadap lembaga, produk atau layanan jasa keuangan.

Selain itu, edukasi masif dilakukan ini untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memahami manfaat produk keuangan.

Dari pemahaman itu, katanya, diharapkan terjadi peningkatan penggunaan produk keuangan mulai dari pembukaan rekening serta penggunaannya.

Adapun capaian bulan inklusi keuangan di Provinsi Jambi posisi 25 Oktober 2023 tercatat  jumlah pembukaan rekening mencapai 723 rekening baru. OJK juga menyasar ke perguruan tinggi untuk meningkatkan kesadaran anak muda terkait pemanfaatan produk jasa keuangan.

Dengan meningkatnya pemahaman masyarakat akan mendorong tingkat literasi dan inklusi keuangan di daerah itu. 

Berdasarkan survei 2022, tingkat literasi keuangan di Jambi sebesar 46,49 persen dan tingkat inklusi keuangan sebesar 85,19 persen.

Baca juga: OJK hentikan kegiatan operasional 1.466 entitas pinjol ilegal
Baca juga: OJK Jambi edukasi ratusan pelajar kenalkan produk keuangan
Baca juga: OJK catat pinjaman online warga Jambi capai Rp148 miliar





 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023