Bupati Batanghari, Provinsi Jambi, Muhammad Fadhil Arief memastikan stabilitas harga pangan menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Biasanya untuk natal dan tahun baru kita di Batanghari tidak sekencang di daerah lain lebih terjadi gejolak itu ketika bulan puasa dan hari Raya Idul Fitri.  Tetap akan ada lonjakan, tetapi saya pikir tidak akan terlalu besar tetap akan stabil," kata Fadhil di Jambi, Selasa.

Ia mengatakan bahwa kenaikan harga bahan pangan wajar terjadi khususnya pada peringatan hari-hari besar. Tapi,  Fadhil mengatakan bahwa penekanan pada harga harus dilakukan dengan baik.

"Setiap ada hari-hari besar, seperti hari raya Natal dan Tahun Baru inflasi itu pasti terjadi. Bagaimana kita bisa kelola dengan baik. Karena ada kebutuhan dasar dan konsumsi masyarakat dan lonjakan ini yang sedang kita antisipasi," kata Fadhil.

Fadhil mengatakan bahwa dirinya sudah meminta dinas terkait dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM Batanghari untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan.

"Kita sudah minta dinas terkait bagaimana kebutuhan pokok, dari trend tahun sebelumnya apa yang dibeli kalau banyak dibeli cabai. Maka kita yang harus mengolah agar baik," jelasnya.

Ia juga meminta agar dinas terkait mengumpulkan data harga bahan pangan di tiga tahun terakhir untuk mengintervensi harga kebutuhan pokok jelang natal dan tahun baru.

"Jadi sampel kita dapat datanya dan trend ini harus kita ambil tiga tahun belakang," kata dia.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023