Prajurit TNI di Jambi dari kesatuan Kodim 0415/Jambi melakukan penanaman ratusan pohon di Taman Hutan Kota Muhammad Sabki yang memiliki luas lebih kurang 11 Ha itu untuk menjadi salah satu kawasan destinasi wisata alam, kuliner sekaligus sebagai lokasi pelestarian keanekaragaman hayati.

"Ratusan batang pohon dengan berbagai jenis ditanam pada program kegiatan penanaman pohon secara serentak yang digelar Kodam II/Sriwijaya melalui Kodim 0515/Jambi," kata Dandim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, di Jambi, Senin.

Kegiatan yang dilakukan tersebut dapat dijadikan sebagai upaya untuk memberikan edukasi, kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat akan arti pentingnya penanaman pohon bagi pemulihan kerusakan sumber daya alam, keseimbangan ekosistem serta pelestarian lingkungan.

Penghijauan di perkotaan sangatlah penting untuk dilakukan dimana pemanasan global tidak lagi menjadi isu belaka, melainkan telah menjadi fakta yang nyata dimana sudah dibuktikan dengan pergantian musim yang sulit untuk diprediksi dan bukan hanya pencemaran, di perkotaan kerap juga terjadi banjir.

"Gerakan nyata untuk mencegah semakin memburuknya lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan," kata Eko Pristiono.

Dalam rangka menjaga dan mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mengurangi dampak pencemaran lingkungan, Kodam ll/Sriwijaya menggelar program penanaman pohon secara serentak yang dilaksanakan di Taman Hutan Kota Muhammad Sabki yang berlokasi di RT 28, Kelurahan Kenali Asam, Kecamatan Kotabaro Kota Jambi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Kasrem 042/Gapu bersama forkopimda kota Jambi, Kadis Lingkungan Hidup, Camat Kotabaru, Kepala UPTD Taman Hutan Kota, Ketua FKPPI, Lurah Kenali Asam, para Ketua RT di Kelurahan Kenali Asam, Pramuka dan masyarakat penggiat peduli lingkungan.

Pelestarian lingkungan hidup perkotaan lahan hijau semakin sulit ditemukan, apalagi kota-kota besar dan hampir sebagian besar lahan telah beralih fungsi menjadi bangunan, pemukiman dan perumahan penduduk. Ratusan batang pohon dengan berbagai jenis berhasil ditanam pada program kegiatan penanaman pohon secara serentak .

"Penghijauan di perkotaan sangatlah penting untuk dilakukan dan pemanasan global tidak lagi menjadi isu belaka melainkan telah menjadi fakta yang nyata," kata Letkol Arm Eko Pristiono.


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024