Gubernur Jambi Al Haris menargetkan pertumbuhan ekonomi daerah setempat mencapai di atas lima persen pada tahun 2024.

"Kami berharap ekonomi Jambi melebihi lima persen," kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Selasa.

Haris mengatakan salah satu yang dapat mendorong perekonomian Jambi ke depan adalah pengoperasian jalan tol Betung -Tempino Jambi yang diperkirakan selesai dikerjakan pada tahun ini.

Haris mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Jambi dari semua data indikator menunjukkan perbaikan sejalan dengan penurunan beberapa indikator lain seperti kemiskinan yang menurun, pengangguran yang menurun, kemiskinan ekstrem yang menurun dan inflasi terkendali.

Meski begitu, Haris memberikan beberapa catatan lainnya kepada bupati dan wali kota setempat untuk menurunkan gini ratio di Jambi.

"Sebab kalau ekonominya tumbuh, kemiskinan dan pengangguran turun semestinya ketimpangan ekonomi juga turun, ini yang masih menjadi pekerjaan rumah kami," kata dia.

Angka pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan Gubernur Jambi ini sejalan dengan prakiraan Bank Indonesia.

Bank Indonesia Provinsi Jambi memprakirakan perekonomian daerah setempat pada tahun 2024 tumbuh pada kisaran 4,70 persen hingga 5,20 persen.

BI mencatat pertumbuhan tersebut diprakirakan didorong oleh konsumsi domestik yang meningkat dampak dari adanya kenaikan upah serta penyelenggaraan pemilu serentak 2024.

Dari sisi lapangan usaha, kinerja positif didorong oleh produksi kelapa sawit seiring bertambahnya tanaman yang memasuki fase produktif.

Adapun pengerjaan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Betung-Tempino-Jambi yang diharapkan rampung pada tahun 2024 diprakirakan dapat mendorong aktivitas ekonomi.

Selain itu, rampungnya pengerjaan jalur alternatif batu bara tahap satu diharapkan mampu mendorong kinerja produksi batu bara.

Selanjutnya, di tengah pelemahan permintaan eksternal, diperlukan upaya bersama untuk dapat mengembangkan potensi unggulan daerah yang dapat dijadikan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Jambi.

Salah satunya mendukung pengembangan akseptasi digital sebagai pendukung percepatan pertumbuhan ekonomi dan memanfaatkan sumber pertumbuhan ekonomi baru di daerah seperti potensi pengembangan ekonomi syariah, hilirisasi produk unggulan (batu bara dan sawit) dan perluasan akseptasi digital.

Di sisi inflasi, meskipun dibayangi risiko tekanan volatile foods antara lain akibat berlanjutnya fenomena El-Nino yang mengganggu pola siklus tanam, serta risiko tekanan inflasi inti yang diperkirakan didorong peningkatan konsumsi domestik di tahun politik 2024.

Sebelumnya pertumbuhan ekonomi Jambi menunjukkan tren positif sebesar 4,90 persen (yoy) pada triwulan III 2023 didukung kinerja positif Lapangan Usaha (LU) pertanian, konstruksi dan pertambangan.

Kinerja positif berdasarkan komponen pengeluaran, kinerja positif investasi tercermin pada terakselerasinya Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) didukung keberlanjutan berbagai proyek infrastruktur di Provinsi Jambi.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024