Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) melakukan revitalisasi pertanian dengan mendorong penggunaan lahan kosong untuk produksi pangan pada tahun ini.

Dorongan untuk mengoptimalkan lahan kosong guna meningkatkan produksi pangan menjadi perhatian utama Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat, saat menggelar Safari Ramadhan di Desa Teluk Pulai Raya Parit Ijab, Kecamatan Seberang Kota, Selasa.

Bupati Tanjab Barat mengajak masyarakat untuk bersama-sama memanfaatkan lahan kosong sebagai upaya revitalisasi sektor pertanian di wilayah tersebut.

"Kita sekarang ini kekurangan 10.000 ton beras, dengan bersama-sama memanfaatkan lahan kosong, kita dapat meningkatkan produksi pangan dan mengurangi ketergantungan pada pasokan luar dimana bibit dan pupuknya akan kita bantu dari pemerintah," katanya.

Bupati juga mengatakan dalam kesempatan tersebut menyampaikan, lebih dari 30 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dialokasikan untuk pembangunan di Kecamatan Seberang Kota, menunjukkan komitmen Pemda Tanjab Barat untuk memajukan wilayah tersebut.

Ia juga mengingatkan kepala desa untuk memperhatikan pengelolaan keuangan desa dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), dengan memperhatikan alokasi dana untuk kegiatan pembangunan, pemeliharaan infrastruktur, dan pelayanan publik lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat desa.

"Saya mengingatkan kepada aparat desa terkait anggaran desa, karena setiap kegiatan melalui anggaran tersebut diawasi BPK, menyangkut keuangan ini harus hati-hati. Kita sama-sama mengelola uang rakyat, dana pemerintah dimana setiap kegiatan harus ada perencanaan yang matang, sampai kepada azas manfaatnya," kata Anwar.

Dalam konteks kesehatan, Bupati menyampaikan perhatiannya terhadap kasus stunting dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengatasi masalah tersebut.

Dalam kunjungannya Safari Ramadhan, bupati dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat hari jadi ke-17 Desa Pulau Raya yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng.

Seperti biasa Bupati juga menyerahkan bantuan dana dari Baznas untuk pembangunan Masjid Baiturrahim sebesar Rp10 juta, bantuan mushaf Al-Qur’an, paket sembako untuk kaum dhuafa dan anak yatim piatu, serta bantuan dana pembangunan Madrasah sebesar Rp5 juta yang disalurkan oleh BPR Tanggo Rajo.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024