Gubernur Jambi Al Haris memberikan bantuan berupa paket sembako kepada para petugas kebersihan di Kota Jambi.

“Kita telah membagikan ratusan paket sembako kepada petugas kebersihan Kota Jambi yang di antaranya penyapu jalanan, petugas pengangkut sampah, dan petugas taman,” katanya di Jambi, Sabtu (23/3).

Dalam kesempatan tersebut, ia menjelaskan kegiatan ini bentuk kehadiran pemerintah bagi para "pejuang kebersihan" yang memiliki peran besar membuat Kota Jambi mendapatkan Piala Adipura.

Ia menjelaskan tentang kota yang bersih, antara lain ketika tamu negara fokus ke Kota Jambi karena kebersihannya.

Kebersihan, kata dia, akan berpengaruh kepada pemerintahan, sedangkan kota yang bersih dan nyaman akan memengaruhi investor untuk menanamkan modal di Kota Jambi.

“Kalau tidak ada mereka, bayangkan berapa jumlah volume sampah ini setiap hari,” kata Gubernur Al Haris.

Pemberian sembako kepada mereka, katanya, sebagai bentuk apresiasi atas kinerja menjaga kebersihan kota setempat.

”Saya hari ini menyalurkan bantuan kepada petugas kebersihan agar mereka merasakan Lebaran dan mereka juga merasakan pemerintah hadir untuk mereka,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi Ardi menyatakan mereka yang menerima paket itu petugas kebersihan, baik penyapu jalanan maupun TPA di Kota Jambi. Total jumlah mereka 1.338 orang, sedangkan yang hadir dalam kesempatan itu, sekitar 800 orang.

Para penyapu jalan protokol Kota Jambi ini, mulai bertugas setelah waktu Shalat Subuh hingga selesai sesuai dengan jalur masing-masing, untuk kemudian dilanjutkan saat sore.

"Petugas pengangkutan kalau mulai dari sopir sampai anggotanya, yang bertugasnya sampai malam tidak berhenti-berhenti mengangkut sampah karena ini banyak sekali sampah dan ada juga petugas taman," katanya.

Ia menyebut petugas kebersihan memiliki jasa luar biasa bagi kota itu.

”Kami sangat berterima kasih kepada para pahlawan ini, kalau tidak ada para pahlawan Kota Jambi tidak akan seperti yang ada saat ini, cantik dan bersih,” katanya.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024