Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengingatkan pemudik agar menggunakan kendaraan layak jalan pada saat menempuh perjalanan ke kampung halaman.

Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Senin, mengatakan agar seluruh warga yang akan bepergian libur Lebaran untuk mempersiapkannya dengan matang.

Selain memastikan rumah yang ditinggal dalam keadaan aman, Sri juga berpesan agar memastikan kesehatan hingga kondisi kendaraan yang akan digunakan.

"Untuk yang berkendaraan, khususnya kendaraan pribadi, pastikan kondisi pengemudinya segar bugar dan juga kendaraan yang digunakan layak jalan," kata dia.

Selain itu, ia juga mengingatkan warga untuk memastikan rumah yang ditinggal dalam keadaan aman, peralatan rumah tangga khususnya elektronik yang tidak digunakan agar dimatikan.

Sri menyebutkan arus mudik Lebaran telah dimulai Sabtu (5/4), untuk itu pemerintah telah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif agar mudik Lebaran tahun ini aman dan lancar, tidak terkecuali di Kota Jambi.

Pemerintah telah menyiapkan pos-pos layanan di berbagai tempat, mulai di pusat kota, terminal, bandara, hingga perbatasan dan jalur-jalur rawan lainnya.

"Bila membutuhkan layanan jangan segan-segan berhenti di pos-pos mudik yang telah pemerintah siapkan, dan bila mengantuk juga silakan beristirahat di rest area terdekat, jangan memaksakan diri yang bisa berakibat fatal bagi diri sendiri dan keluarga," kata Sri.

Sri juga mengingatkan pemudik untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta berkendara dengan standar kecepatan yang telah ditentukan.

"Patuhi rambu lalu lintas dan standar kecepatan yang telah ditetapkan, utamakan keselamatan," katanya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024