SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd, Jambi, memperkuat pemahaman mengenai implementasi proses perizinan melalui sistem Online Single Submission (OSS) dalam agenda sosialisasi dan pemantapan pemahaman Proses Perizinan yang di gelar, Senin (3/5).

Field Manager PetroChina International Jabung Ltd Rudy Hermawan mengatakan sebagai hasil dari reformasi birokrasi perizinan yang dilakukan oleh pemerintah, Online Single Submission atau OSS, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi dunia usaha dengan perizinan yang terintegrasi, mudah dan ringkas.

"Dengan beragam kelebihan yang dapat kita petik dari OSS dan sebagai komitmen kami untuk selalu memenuhi perizinan yang diperlukan, kami menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga diperoleh kesepahaman dan pengetahuan dalam pengajuan perizinan melalui system OSS yang akan kami lakukan dalam operasional kegiatan PetroChina," kata Rudy.

SKKMigas-PetroChina International Jabung Ltd. merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama dengan Pemerintah RI yang mengemban tugas untuk eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam minyak dan gas yang ada di wilayah kerja Blok Jabung untuk mendukung kedaulatan energi nasional.

Dalam kegiatan operasional sehari-harinya, berbagai kegiatan, perlengkapan dan peralatan yang diadakan oleh PetroChina memerlukan perizinan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, dan untuk hal itu, PetroChina mempunyai komitmen untuk memenuhinya.

Implementasi Perizinan dengan sistem OSS diharapkan dapat memudahkan kepengurusan perizinan usaha karena dengan pengurusan sistem online akan memberikan keuntungan tersendiri seperti penghematan waktu karena pengajuan dokumen dilakukan secara online.

"Sebagai investor akan terbantu, dalam melakukan melakukan kegiatan usaha," katanya.

Sosialisasi ini, kata dia, membuktikan komitmen perusahaan yang beroperasi di Jambi untuk patuh terhadap perizinan.

Sosialisasi dan pemantapan pemahaman ini juga diharapkan dapat meminimalisir kendala dalam pengurusan perizinan terutama sisi operasional. 

"Kita tidak bisa menunggu karena punya komitmen dengan pemerintah untuk keberlanjutan energi. Pentingnya mendapatkan perizinan dalam waktu yang cepat menjadi suatu kunci keberhasilan operasional di wilayah kerja," katanya.

Kegiatan sosialisasi dan pemantapan pemahaman OSS ini mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jambi  Donny Iskandar.

Donny mengatakan kegiatan seperti ini perlu dilakukan oleh seluruh pelaku usaha dengan tujuan agar setiap kendala dalam bidang perizinan dapat diatasi.

"Ini bukti keinginan PetroChina untuk meminimalisir beragam permasalahan perizinan yang ditemui saat ini," katanya.

Sosialisasi yang digelar oleh PetroChina ini mendatangkan narasumber dari Jakarta yakni dari Penatakelola Penanaman Modal Ahli Muda Badan Koordinasi Penanaman Modal  (BKPM) RI Rossi Abi Al Irsyad, Kabid Pengendalian Pelaksanaan dan Informasi Penanaman Modal DMPTSP Provinsi Jambi Agus Rindra.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024