Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Muhammad Afriansyah mewakili Provinsi Jambi mengikuti pendidikan kader pemuda bela negara (PKPBN) kolaborasi antara Kementerian Pemuda & Olahraga dengan Kementerian Pertahanan.

Afriansyah di Jambi, Selasa, mengungkapkan motivasi dan harapan dalam mengikuti kegiatan ini karena ingin memperkuat disiplin diri sendiri, keterampilan kepemimpinan, fisik, dan mental melalui pelatihan yang diterima selama kegiatan pendidikan bela negara.

“Motivasi dalam mengikuti kegiatan ini adalah dengan diberikan kesempatan untuk memperkuat disiplin diri sendiri, keterampilan kepemimpinan, fisik, dan mental melalui pelatihan yang diterima selama kegiatan pendidikan bela negara. Selain itu, ingin memahami lebih mendalam tentang sejarah, ideologi, sistem pertahanan negara, persiapan karir di militer, kepercayaan diri, dan penghargaan,” kata Afri.

PKPBN tersebut diikuti oleh 100 peserta dengan setiap Provinsi mengirimkan tiga orang perwakilan. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Mercure, Jakarta (13-15 Mei 2024), Pusdiklat Kemhan, Bogor (16-21 Mei 2024), serta Bakti Pemuda Nusantara (BAPEN) (23-10 Juni 2024).

Tujuan dari kegiatan ini  adalah membekali nilai-nilai patriotisme dan kencintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu meningkatkan kebanggaan pemuda Indonesia menjadi warga negara Indonesia yang berdaulat dengan berbagai potensi sumber daya hayati yang masih berpotensi untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan.

Memperkuat peran pemuda sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan di berbagai bidang, serta meningkatkan partisipasi pemuda dalam kegiatan sosial, budaya, politik, pertahanan, keamanan, dan ekonomi.

Dia berharap ke depan untuk pemuda yang mengikuti kegiatan pendidikan kader pemuda bela negara dapat menciptakan generasi yang kuat, berdaya, dan siap menghadapi tantangan.

Kaprodi Ekonomi Pembangunan FEB Unja  Etik Umiyati mengungkapkan rasa bangga dan harapannya terhadap Afriansyah.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024