Kepolisian menurunkan anjing pelacak dari K-9 Ditsamapta Polda Jambi untuk sterilisasi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi dalam rangka pengamanan saat masa pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil walikota pada Pilkada 2024.

"Iya ini dari K9 Ditsamapta Polda Jambi, tim Jibom juga sudah melakukan sterilisasi sejak pagi tadi," kata Kasi Humas Polresta Jambi Ipda Deddy Haryadi di Jambi, Kamis.

Menjelang kedatangan calon pendaftar pada hari ketiga pendaftaran calon wali  kota dan wakil wali kota Jambi ke Kantor KPU setempat, polisi membawa satwa dari K9 Ditsamapta berkeliling memastikan tidak terdapat gangguan dan ancaman di sekitar lokasi.

Para personel juga siaga di sekitaran Kantor KPU Kota Jambi, yang mana pada pendaftaran bakal calon ini KPU Kota Jambi membatasi jumlah pendukung bakal calon yang bisa memasuki Kantor KPU Kota Jambi.

Sebelumnya, Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi telah mengecek Kantor KPU Kota Jambi dalam rangka pengamanan kegiatan pendaftaran bakal calon wali kota Jambi.

Selain ke Kantor KPU Kota Jambi, Kapolresta juga mengecek Kantor Bawaslu Kota Jambi untuk berkoordinasi mengenai langkah-langkah Bawaslu Kota Jambi pada masa pendaftaran serta terkait peta kerawanan dan sistem pengamanan.

Untuk pengamanan Pilkada 2024, sebanyak 3.089 personel gabungan dipersiapkan yang terdiri dari Polri, TNI, dan lintas instansi.

Polresta Jambi melibatkan 635 personel, dan BKO Polda Jambi 145 personel, BKO TNI sebanyak 423 personel, dan lintas 1.886 personel.

Kapolresta Jambi memastikan personel kepolisian menjamin keamanan selama berlangsungnya momen Pilkada mulai dari pendaftaran hingga penetapan hasil pemilihan mendatang.

Selanjutnya, di KPU Kota Jambi kembali akan menerima berkas pendaftaran bakal calon wali kota yang kedua, setelah sebelumnya Rabu (28/8), KPU Kota Jambi telah menerima berkas dari bakal calon pertama.









 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024