Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Pertanian Kabupaten Sarolangun, Jambi, akan mengembangkan tanaman kedelai di lahan 100 hektare untuk mengantisipasi kelangkaan kedelai yang sering terjadi.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sarolangun Dedi Hendri yang ditemui Sabtu, lahan yang akan ditanami kedelai itu tersebar di beberapa kecamatan di daerah itu.

"Kita sudah siapkan lahannya di beberapa kecamatan, program ini diharapkan bisa mengatasi kelangkaan kedelai di masa mendatang," katanya.

Selama ini kedelai di Sarolangun mengandalkan pasokan dari luar daerah, karena produksi kedelai lokal saat ini belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat setempat.

"Saat ini, diperkirakan produksi kedelai dalam beberapa bulan ke depan hanya 30 ton, sementara tahun lalu pasokan kedelai mencapai 170 ton lebih," ujarnya.

Minimnya persediaan kedelai di Kabupaten Sarolangun disebabkan kurangnya animo masyarakat setempat untuk menjadi petani kedelai, dan lebih memilih menjadi petani padi.

"Yang jelas produksi kedelai tidak kita unggulkan, sebab budaya masyarakat kita lebih senang menjadi petani padi," kata Dedi.

Diharapkan penanaman kedelai di lahan 100 hektare ini dapat merangsang pertumbuhan kedelai di Sarolangun.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012