Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Sarolangun, Jambi, akan membagikan 25.000 bibit tanaman gaharu yang akan dibagikan kepada para petani di daerah itu.

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Sarolangun Ir Joko Susilo ketika ditemui, Kamis, menjelaskan, tahun ini pihaknya akan membangikan 25.000 bibit gaharu untuk dikembangkan untuk menambah penghasilan petani.

"Bibit tersebut akan dibagikan mulai tahun ini melalui kelompok tani di 15 titik pembangunan Kebun Bibit Rakyat (KBR)," katanya.

Namun, berdasarkan laporan dan evaluasi Bunhut baru 13 titik yang menyatakan siap untuk untuk melaksanakan pengembangan tanaman gaharu.

Seluruh bibit gaharu ini ditargetkan dapat mulai ditanam pada tahun depan melalui 13 kelompok tani di dalam KBR.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi penyokong peningkatan perkebunan di Sarolangun dan bisa diberdayakan sebaik mungkin," ujarnya.

Mantan Kabag Pembangunan Pemkab Sarolangun ini menyatakan bibit gaharu ini akan disebar di Kecamatan Batang Asai, Kecamatan Limun, Kecamatan Singkut serta Kecamatan Bathin VIII.

"Saya berharap, masyarakat turut mengawasi proses pelaksanaan penyebaran bibit gaharu ini, agar benar-benar sampai ke petani," ujar Joko.

Kabupaten Sarolangun yang berjarak sekitar 200 Km dari Kota Jambi, selama ini dikenal sebagai penghasil karet dan sawit. Kini mulai mengembangkan beberapa jenis tanaman untuk meningkatkan pedapatan petani setempat.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012