Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Jambi, akan membagikan 60 ekor sapi kepada petani dan masyarakat untuk dikembangkan.

Pembagian sapi bantuan ini dilakukan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Sarolangun dan dianggarkan dalam APBD Kabupaten Sarolangun tahun 2012, kata Kabid Peternakan Disnakkan Sarolangun Amrizal di Jambi, Rabu.

Keseluruhan sapi bantuan tersebut berbentuk bibit ternak sapi sebanyak 30 ekor untuk petani Desa Pelawan Jaya, Kecamatan Pelawan.

Sisanya sebanyak 30 ekor lagi berupa sapi penggemukan yang akan diberikan pada warga di Kelurahan Sukasari, Kecamatan Sarolangun.

Amrizal menjelaskan, Dinas Peternakan telah melaksanakan pendataan petani yang menerima bantuan.

Terpilihnya Desa Pelawan Jaya dikarenakan petani di desa ini dipandang paling siap untuk memelihara ternak.

"Untuk sapi pengggemukan diletakkan di Kelurahan Sukasari dengan pertimbangan dekat dengan lokasi pasar sehingga diharapkan pemasaran sapi lebih mudah tanpa mengeluarkan biaya lainnya," jelasnya.

Selain bantuan sapi, Kabupaten Sarolangun juga siap memperoleh bantuan dari APBD Provinsi Jambi juga diberikan bantuan ternak sapi untuk warga Suku Anak Dalam di Kecamatan Air Hitam sebanyak 34 ekor.

Amrizal mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap program bantuan ternak ini sehingga bisa berhasil sesuai dengan yang diharapkan.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012