Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kabupaten Sarolangun, Jambi, segera menanam sekitar 5.000 bibit mahoni dan gaharu sebagai rangkaian acara memperingati Bulan Menanam Indonesia.

"Penanaman bibit mahoni dan gaharu ini merupakan rangkaian acara memperingati Bulan Menanam Indonesia," kata Kepala Dinas Bunhut Sarolangun Joko Susilo ketika ditemui di Jambi, Rabu.

Kegiatan penanaman pohon ini akan dilaksanakan pada 15 Desember yang dipusatkan di sekitar kantor Camat Mandiangin.

"Kami tinggal menunggu kesiapan dan kehadiran Pak Gubernur, yang jelas paling lama tanggal 15 Desember kami sudah melakukan penanaman," kata Joko.

Pemilihan bibit jenis mahoni dan gaharu dikarenakan kedua tanaman ini sangat cocok untuk hidup di Kabupaten Sarolangun. Selain itu, diharapkan kedua tanaman ini dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Kami memilih dua jenis pohon ini, karena untuk pohon mahoni tingkat kehidupannya sangat tinggi atau mudah hidup di iklim seperti Sarolangun, sedangkan untuk pohon gaharu sangat diminati masyarakat dan merupakan jenis tanaman hutan," ujarnya lagi.

Bibit kedua tanaman ini akan disebarkan di setiap kecamatan di Kabupaten Sarolangun, dan ditanam di sepanjang jalan, sekolah-sekolah dan instansi pemerintah dan swasta lainnya.

"Setiap kecamatan akan dapat lima ratus pohon, dan disebarkan di sekolah serta sepanjang jalan yang dianggap perlu penghijauan," ujar Joko.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012