Jambi (ANTARA Jambi) - Taman wisata sepeda air di samping rumah dinas Bupati Batanghari, Jambi, kini kondisinya sudah  memprihantinkan dan tidak berfungsi lagi seperti biasanya.

Sepeda air yang dibeli pada akhir tahun 2011 dengan APBD sekitar Rp130 juta tersebut kini kondisinya sudah parah dan tidak pernah dirawat.

Wajar saja jika saat ini masyarakat Batanghari tidak ada lagi yang bisa menikmati wisata sepeda air tersebut, demikian pantauan di lapangan pada Minggu (5/5).

Di lokasi wisata itu ada 15 unit sepeda air, namun tidak ada satupun yang kondisinya layak untuk digunakan. Disinyalir sepeda air yang dibeli bukan barang baru tapi barang bekas dan hanya dilakukan perbaikan serta pengecetan saja.

Hal tersbeut terlihat dari beberapa sepeda air tersebut sudah banyak cat yang mengelupas dan ringsek, padahal seharusnya sepeda air tersebut bisa bertahan hingga lima tahun atau lebih jika dipelihara dengan benar.

Kepala Dinas Perkotaan Kabupaten Batanghari Suaidi ketika dikonfirmasi mengatakan, pembelian sepeda air tersebut ditenderkan pada tahun 2011.

Ia mengaku, pihaknya akan segera melakukan perbaikan dan melakukan pemanfataan kembali terhadap obyek wisata sepeda air tersebut.

"Kita akan usahakan perbaikan kembali agar taman wisata air terse bisa berfungsi menjadi tempat rekreasi warga," katanya.

Taman itu sebenarnya sempat beroperasi untuk beberapa waktu, namun lambat laun, satu demi satu sepeda air yang berbentuk bebek itu pun rusak dan tidak bisa dipakai semua.

Demikian pula bangunan saung yang ada di tengah kolam ikan tersebut. Bangunan yang dulunya terlihat cantik dan kokoh, karena tidak mendapatkan perawatan, bahan yang terbuat dari kayu itu pun lambat laun dimakan usia dan mulai rusak.

Suaidi mengakui saat itu pembelian sepeda air terkendala dana, sehingga sehingga dibelikan sesuai kemampuan. Ia juga membantah sepeda yang dibeli merupakan barang bekas.

Namun demikian beberapa warga mengatakan sepeda air bebek-bebekan itu merupakan hasil rekondisi ulang.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013