Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 1.222 unit kendaraan siap melayani transportasi bagi masyarakat Provinsi Jambi yang akan melakukan mudik pada hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi P Bernhard Panjaitan ketika dikonfirmasi, Jumat mengatakan, siaga persiapan mudik Lebaran 2014 sudah digodok dengan matang oleh dinas terkait.

Dari hasil inventarisir, ada 1.222 kendaraan baik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) siap melayani angkutan pemudik.

Selain itu, untuk menjamin keselamatan penumpang, Dishub bersama pihak kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) akan menggelar tes urine untuk awak kendaraan.

"Kelengkapan kendaraan juga diperiksa, agar para pengguna jasa mendapat jaminan keselamatan," kata Bernhard.

Untuk mengantisipasi kecelakaan pada mudik lebaran tahun ini yang diakibatkan kesalahan manusia, Dishub bekerja sama dengan Dinas Kesehatan juga akan memeriksa kesehatan awak bus bekerja sama dengan Dinas Kesehatan.

"Kita akan adakan tes urine bagi sopir angkutan mudik lebaran, demikian juga kesehatan mereka," katanya.

Benhard menjelaskan, untuk AKDP disiagakan sebanyak 742 kendaraan dengan ketersediaan 9.089 tempat duduk dan untuk AKAP berjumlah 480 kendaraan dengan kapasitas tempat duduk 11.120, sedangkan untuk transportasi sungai disediakan 19 kapal dengan kapasitas 923 tempat duduk.

Selain menyediakan angkutan darat dan sungai, Dishub juga menyediakan angkutan udara dengan 15 penerbangan yang berkapasitas 2.715 tempat duduk.

Di Kota Jambi ada 35 Perusahaan Otobus (PO) untuk AKAP dengan rute tujuan Jawa, Sumatera Barat dan Medan, sedangkan untuk AKDP sekitar 14 PO.

Dari pantauan Dishub di Terminal Alam Barajo, setiap harinnya ada sekitar 145 kendaraan yang berangkat, itu menandakan aktivitas mudik mulai menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014