Jambi (ANTARA Jambi) - Anggota DPR RI asal Jambi Zulfikar Ahmad, mengatakan dirinya bersama enam anggota dewan perwakilan Jambi lainnya akan menguapayakan pelabuhan Ujung Jabung Jambi bisa masuk peta tol laut.

Ketika ditemui di Jambi, Rabu, ia mengatakan akan mendorong percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung dan juga memasukkannya ke dalam program tol laut ke Presiden Joko Widodo.

Bahkan tujuh anggota DPR RI dan empat anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perwakilan Jambi akan mengagendakan untuk menghadap Presiden Joko Widodo agar bisa mempercepat usaha tersebut.

"Anggota DPR RI asal Jambi dan juga anggota DPD telah sepakat untuk melakukan upaya-upaya akselerasi mendorong segera terwujudnya pelabuhan samudera di Provinsi Jambi," kata Zulfikar.

Meski komunikasi belum dilakukan dengan presiden maupun menteri, Zulfikar mengatakan usai pembahasan Perpu Pilkada, anggota DPR dan DPD asal Jambi bakal menemui presiden maupun menteri.

Menurut dia, pelabuhan samudera merupakan satu di antara kunci bagi Provinsi Jambi untuk meningkatkan perekonomiannya, dan Jambi butuh adanya pelabuhan itu.

"Kita memang sangat butuh, lihat saja negara di Afrika yang tidak punya pelabuhan, mereka miskin, kenapa, karena transaportasi tidak ada, barang dari negara manapun yang mau masuk tidak cepat tersalurkan, karena itu pelabuhan ini sangat penting," ujarnya.

Sementara itu, terkait wacana revitalisasi pelabuhan Talang Duku yang direncanakan oleh Kementereian Perhubungan, Zulfikar mengatakan rencana itu tidak menandakan pelabuhan Ujung Jabung tidak masuk skala prioritas dari pemerintah pusat.

"Jadi ini mungkin pendanaan, bahwa untuk pelabuhan Talang Duku ada pengerukan menjelang Ujung Jabung, pelabuhan samudera ini kan tidak sebentar membangunnya, selesainya bukan 1,2 tahun, bisa saja lima tahun atau 10 tahun baru bisa itu terwujud, dan dibutuhkan lahan yang luas diatas 2.000 hektare, dengan luas itu sudah mencakup gudang dan sarana lainnya," katanya.

Dijelaskannya, sebagai wakil rakyat asal Jambi di pusat, anggota DPR RI Dapil Jambi ini bakal mengupayakan untuk pembangunan Ujung Jabung dengan terus mendapat kucuran anggaran dari pusat.

"Saya sampaikan ke kawan-kawan DPR yang sekarang, mereka harus bekerja untuk Jambi termasuk DPD, jangan disamakan dengan DPR yang lalu," ujarnya.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015