Jambi (ANTARA Jambi) - Kondisi rumah dinas guru di SDN 119/1 Dusun Rengas IX Desa Pulau Kecamatan Muaratembesi Kabupaten Batanghari, sangat memprihatinkan dan tidak layak huni.

Kepala SDN 119/1 Batanghari Muhammad, Rabu mengatakan, sebenarnya rumah dinas guru ini sangat dibutuhkan, seperti guru yang tempat tinggalnya jauh dari sekolah.

"Keberadaan rumah guru sangat dibutuhkan, terutama bagi tenaga pendidikan yang rumahnya jauh dari sekolah dan di sekolah ini separuh guru yang mengajar berasal dari luar daerah," katanya.

Menurut dia, selama dua tahun ini rumah dinas guru itu sempat ditempati oleh guru sekolah yang mengajar di SD tersebut, namun kondisi bangunan itu sudah rusak parah dan tidak layak dihuni lagi.

"Akibatnya guru yang dari luar daerah terpaksa harus menginap di rumah warga," ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah melaporkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari agar rumah dinas guru tersebut mendapat perhatian Pemkab Batanghari.

"Setiap bulan selalu kita laporkan soal kondisi rumah dinas guru itu, namun hingga kini belum ada jawaban," katanya Muhammad.

Jumlah murid di SDN 119/1 Batanghari saat ini sebanyak 137 orang dengan lima guru PNS, empat guru honorer dan satu orang operator.

Sementara itu, Kepala Dinas PdK Kabupaten Batanghari Jamilah belum berhasil dikonfirmasi terkait rusaknya rumah dinas guru tersebut. Ketika dihubungi via ponselnya juga tidak aktif.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015