Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi memperoleh anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp21 miliar pada tahun 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur  Samsiran Halim di Muarasabak, Selasa, menyebutkan dana DAK 2016 tersebut akan dipergunkan untuk pembangunan puskesmas di daerah pesisir timur Jambi itu.
      
"DAK tersebut selain membangun gedung baru, kami juga memprogramkan untuk merehab sejumlah puskesmas, serta penambahan kendaraan operasional puskesmas di Tanjabtim," katanya menambahkan.
        
Lebih lanjut,  Samsiran menjelaskan bahwa hampir seluruh puskesmas di Tanjabtim itu telah memberikan pelayanan kepada pasien rawat inap. Karena itu diperlukan peningkatan fasilitas di puskesmas tersebut.
        
"Kita berupaya meningkatkan fasilitas guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Puskesmas juga harus memberikan kenyamanan tidak hanya kepada pasien tapi dokter atau petugas medis lainnya sehingga bisa betah di puskesmas," kata Samsiran Halim.
       
Selain butuh direhab, Kadis Kesehatan Tanjabtim juga menjelaskan beberapa puskesmas harus dipindahkan ke tempat yang lebih baik dan mudah dijangkau masyarakat.
      
"Alasan kuat kita pindahkan karena dilokasi padat penduduk rawan kebakaran. selaian itu ambulan  yang dimiliki puskesmas juga tidak bisa sampai ke lokasi puskesmas. jadi kasihan pasien,"terang samsiran.
       
Sementara kendaraan operasional juga sangat dibutuhkan, sebab yang lama banyak tidak layak guna lagi. Sedangkan untuk pembangunan baru puskesmas akan dibangun di Kecamatan Mendahara Ilir, kata dia menjelaskan.
       
Samsiran, menjelaskan dengan mendapatkan dana DAK, pihaknya berharap masyarakat dapat sama-sama membantu pembangunan demi terwujudnya pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi. 

Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016