Jambi (ANTARA Jambi) - Pemprov Jambi melalui Dinas Pendidikan menyambut baik pelatihan peningkatan kualitas guru dan pengawas sekolah daerah ini yang dilakukan perusahaan bidang perkebunan, yakni Asian Agri.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi,  Rahmat Derita  mengatakan bahwa guru memegang peranan penting dalam upaya meningkatan kwalitas pendidikan. Sebagimana visi Jambi Tuntas, maka dalam upaya mewujudkannya, Jambi haruslah memiliki guru-guru yang berkualitas.

"Baik buruknya  kualitas pendidikan sangat  ditentukan oleh para guru. Untuk itu dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, ada 9 prinsip yang harus ditanamkan kepada para pendidik, tiga diantaranya  adalah integritas, akuntabilitas dan kapabilitas. 

Selaras dengan visi “Jambi Tuntas” 2021, maka guru melalui program pendidikan harus mengambil peran utama sebagai pelopor guna  meningkatkan kualitas pendidikan di Jambi,  ujarnya.

Sementara itu, Regional project manager Tanoto Foundation Jambi, Dendi Satria Buana mengatakan, bahwa Tanoto Foundation  memiliki  komitmen untuk meningkatkan akses akan pendidikan berkualitas, termasuk peningkatan kualitas guru.

Selain itu juga selalu berupaya menjadi pusat unggulan dalam pengentasan kemiskinan melalui pendidikan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup.

"Pelatihan Guru Mandiri ini tidak sebatas mendukung kompetensi guru. Pelatihan ini juga untuk mencetak guru fasilitator (tutor sebaya) dari sekolah-sekolah yang berasal dari pelosok yang siap membagikan keterampilannya lewat kelompok Kerja Guru. Ini bagian dari kontribusi kami bagi dunia pendidikan, khususnya dipelosok Jambi," ujarnya.

Kolaborasi Asian Agri dengan Tanoto Foundation dalam Program Pelita Pendidikan sudah berlangsung sejak 2010. 

Berbagai program sudah dilakukan yang bertujuan untuk meningkatan kualitas sekolah yang berfokus pada pemberdayaan guru, pengembangan kapasitas institusi pendidikan, perbaikan lingkungan fisik dan intelektual sekolah. (Ant)

Pewarta: Azhari

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016