Jambi, Antarajambi.com - Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi menyatakan saat ini daerah itu masih terbebas dari kasus penyakit filariasis atau penyakit kaki gajah.

"Sejak tahun 2012 belum ditemukan kasus filariasis di Sarolangun. Pernah diambil sampel tahun 2013 dengan hasil negatif semua," kata  Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun Bambang Hermanto di Sarolangun, Jum'at.

Ia mengatakan terhadap kondisi tersebut pihak terus melakukan pemantauan ketengah masyarakat, untuk penetapan status bebas sendiri pihaknya hanya berdasarkan hasil temuannya selama ini.

"Artinya kita tidak begitu berani menyatakan bahwa benar-benar terbebas dari kasus tersebut, hanya saja berdasarkan hasil yang ada saat ini, begitulah kondisinya," katanya.

Ia menjelaskan terhadap pelaksanaan program penanggulangan penyakit filariasis sendiri, hal itu sudah diatur oleh Kementerian Kesehatan pihaknya tetap melaksanakan sesuai ketentuan yang diatur.

"Kemenkes menekankan untuk melaksanakan program tersebut harus ada kasus dan pelaksanaan programnya harus bersifat kontinu atau berkesinambungan," kata Bambang.

"Saat ini program penanganan terhadap kasus filariasis tetap ada, karena pola pelaksanaan programnya memang harus didasari oleh adanya temuan dan harus bersifat terus menerus," katanya menambahkan.

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017