Jambi, Antarajambi.com - Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang merupakan fakultas baru di Universitas Jambi (Unja) akan menampung sekitar 300 mahasiswa pada tahun akademik 2017-2018.

"Fakultas Kesehatan Masyarakat baru dibuka tahun ini, pengembangan dari program studi kesehatan masyarakat. Kehadirannya untuk menjawab kebutuhan lulusan di masyarakat yang terus meningkat," kata Rektor Unja Prof H Johni Najwan didampingi Dekan Fakultas Kesmas Unja Andy Amir di Jambi, Jumat.

Ia menyebutkan, Fakultas Kesmas baru dibuka pada tahun akademik 2017-2018 melalui jalur penerimaan SNMPTN, SBMPTN maupun jalur seleksi mandiri.

Bila saat menjadi prodi kesehatan masyarakat hanya mampu menerima 60-70 mahasiswa, namun setelah menjadi fakultas akan menerima 300 mahasiswa baru.

Rektor menyatakan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Unja, ke depan akan menjawab kebutuhan tenaga kesehatan masyarakat dalam mendukung program kesehatan dari pemerintah, sekaligus juga memenuhi kebutuhan tenaga kesmas di masyarakat.

Sementara itu Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unja, Andy Amir menyatakan, pihaknya telah mempersiapkan sarana, prasarana dan infrastruktur termasuk dukungan tenaga pengajar yang sudah memenuhi standar baik dari sisi jumlah maupun kompetensinya.

"Dari sisi pengajar tidak ada masalah, SDM-nya telah ada. Saat ini kami memiliki 20 tenaga pengajar dan itu sudah lebih dari syarat minimal. Semuanya telah siap," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan untuk menarik jurusan teknologi kesehatan ke Fakultas Kesmas karena bersentuhan langsung dengan fakultas itu.

"Sedang dalam pembahasan kita menggabungkan jurusan teknologi kesehatan itu," katanya.

Setelah menjadi fakultas, menurut Andy Amir pihaknya fokus untuk meningkatkan akreditasi sebagai salah satu prasyarat sebuah program studi di dalamnya.

"Selanjutnya kita fokus ke akreditasi, dan itu sudah masuk dalam program dan strategi ke depan," katanya.

Lebih lanjut Dekan Fakultas Kesmas menyatakan, animo calon mahasiswa terhadap Kesehatan Masyarakat cukup tinggi setiap tahunnya, sehingga diharapkan kehadiran Fakultas Kesmas Universitas Jambi bisa menjawab tingginya minat berkiprah di sektor itu.

"Kami berharap para lulusannya bisa menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan," kata Andy Amir menambahkan.(Ant)

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017