Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola meminta dukungan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi untuk pembangunan pusat olahraga (sport center) di wilayah itu.

"Kita menginginkan Jambi butuh pembangunan "sport center", lahan sudah tidak masalah, 100-500 hektare pun kita siap," katanya di Jakarta, Jumat.

Rencananya "sport center" itu dibangun di Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi.

Selain itu, dalam pertemuannya bersama Menpora, Zola juga berharap dukungan Menpora dalam pembangunan Gedung Olahraga (GOR) mini di setiap kabupaten dan kota di wilayahnya.

Pembangunan fasilitas olahraga itu untuk meningkatkan prestasi olahraga di Jambi.

"Sebab itu dibutuhkan sarana prasarana yang memadai, sementara fasilitas olahraga di Jambi saat ini termasuk stadion KONI tidak memadai dan APBD Provinsi Jambi sangat terbatas untuk pengembangannya," katanya.

Zola mengatakan bahwa sambutan Menpora sangat baik, namun memang usulan pembangunan yang disampaikan Jambi harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

"Pak Menteri juga memberikan arahan, karena keterbatasan dana juga, maka kita mesti cari jalan keluar. Misalnya dalam pembangunan "sport center" kita diarahkan untuk menghubungi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk meminta perusahaan-perusahaan besar dapat ikut membantu membiayai pembangunannya," ujarnya.

Sedangkan untuk GOR mini kata Zola akan dipertimbangkan Menpora pada tahun anggaran 2018 mendatang.

Dalam meningkatkan kualitas dan prestasi olahraga di Provinsi Jambi bukan hanya meningkatkan fasilitas saja, tetapi dia juga minta ada pelatihan untuk pelatih (coaching clinic) dan wasit supaya bisa lebih bagus lagi melatih atlet.

"Saya pikir saat ini banyak pelatih kita yang potensial, yang bagus, tinggal kalau ada pelatihan nanti kita sosialisasikan kepada pelatih dan kepada masyarakat supaya mereka ikut," katanya menambahkan.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017