Jambi, Antarajambi.com - Menteri Kerja Sama dan Pembangunan Denmark, Ms Ulla Tørnæs   mengatakan negaranya berkomitmen dalam mempertahankan keberadaan Hutan Harapan yang dikelola PT Restorasi Ekosistem Indonesia (Reki) di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

"Tujuan saya kemari untuk memastikan kerja sama di dalam bidang lingkungan hidup, kami komitmen mempertahankan Hutan Harapan dan jangan sampai rusak," kata Menteri Ulla Tørnæs melalui penerjemah alih bahasa di sela-sela mengunjungi kawasan Hutan Harapan di Kabupaten Batanghari, Jambi, Minggu.

Dalam kunjungannya itu, ia memastikan bahwa Pemerintah Denmark telah memastikan bahwa Restorasi Ekosistem di kawasan Hutan Harapan akan terus berjalan untuk keberlangsungan lingkungan hidup.

"Mempertahankan Hutan Harapan agar bisa berjalan sebagai mana mestinya. Kami membantu tidak hanya di lokasi ini saja tetapi di seluruh kawasan Hutan Harapan," katanya.

Kawasan Hutan Harapan yang memiliki luas 98.555 hektare, yakni tersebar di Provinsi Jambi (Kabupaten Sarolangun dan Batangahari) dan Sumatera Selatan (Kabupaten Musi Banyuasin) memiliki keanekaragaman hayati yang harus dilestarikan keberadaanya sebagai penyeimbang ekosistem.

Sementara itu, Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge meyakini PT Reki dapat mempertahankan keberadaan kawasan restorasi ekosistem Hutan Harapan.

"Terkait dengan penduduk di sekitar kawasan hutan itu, kita terus mencari solusi dengan bermitra dengan masyarakat dan mempertahankan masyarakat asli yang sebelumnya telah berada di sini," kata Casper.

Sebelumnya pada akhir 2016, Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge, juga mengunjungi kawasan PT Reki dan menandatangani bantuan yang diberikan Denmark untuk Hutan Harapan sebesar Rp160 miliar.

Kerja sama antara Pemerintahan Denmark dan Hutan Harapan itu dimulai pada tahun 2012-2015 dengan total penyaluran dana Rp120 miliar.

Kemudian kerja sama itu berlanjut di tahun 2016-2018 dengan nilai bantuan sebesar Rp40 miliar, sehingga totalnya mencapai Rp160 miliar.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017