Jambi, Antarajambi.com - Menteri Kerja Sama dan Pembangunan Denmark Ulla Tornaes menerima sayuran berupa dua ikat kacang panjang dari Orang Rimba saat mengujungi permukiman Suku Bathin Sembilan di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Senin.

Kacang panjang yang diberikan kepada rombongan Menteri Denmark Ulla Tornaes itu merupakan hasil bercocok tanam  Orang Rimba Bathin Sembilan di sekitar kawasan Hutan Harapan yang dikelola PT Restorasi Ekosistem Indonesia.

"Kami di sini menanam ada sayuran kacang panjang, ubi singkong dan lain-lain," kata Tegus Santika, salah satu warga Orang Rimba Bathin Sembilan yang bercocok tanam di sekitar pekarangan rumahnya.

Di sekitar kawasan Hutan Harapan PT Restorasi Eksositem Indonesia (Reki) Orang Rimba melakukan cocok tanam seperti sayur-sayuran dan palawija yang merupakan hasil pembinaan  PT Reki.

"Sekarang kami lebih baik dan diberikan pembinaan, sekarang kami menanam sayuran dan kami tidak pernah menebang pohon di hutan, sebab hutan sebagai pelindung kami," katanya.

Kelompok Orang Rimba Bathin Sembilan meminta pihak Reki dan Kedutaan Denmark agar bersama-sama menjaga kawasan hutan.

 "Nenek moyang kami dari dulu sudah tinggal di sini (kawasan hutan), kami semuanya hidup melalui hutan," kata dia.

Kunjungan Menteri Ulla Tornaes di Hutan Harapan Reki tersebut untuk memastikan kerja sama yang dilakukan Pemerintah Denmark dan Indonesia dibidang lingkungan hidup.

Menteri Ulla Tornaes didampingi Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge juga akan meresmikan Sekolah Besamo yang diperuntukan bagi anak-anak Orang Rimba di sekitar kawasan Hutan Harapan.

Kawasan Hutan Harapan yang memiliki luas 98.555 hektare itu tersebar di Provinsi Jambi (Kabupaten Sarolangun dan Batangahari) dan Sumatera Selatan (Kabupaten Musi Banyuasin), dan memiliki keanekaragaman hayati yang harus dilestarikan keberadaanya sebagai penyeimbang ekosistem.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017