Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan melalui pemilihan Bujang dan Gadis Jambi, generasi muda di wilayahnya akan lebih mengenal kesenian, kebudayaan dan pariwisata yang ada di provinsi itu.

"Karena bila generasi muda sudah mengenal, maka akan ada rasa memiliki serta menumbuhkan kecintaan terhadap kesenian, kebudayaan dan pariwisata yang ada," katanya di Jambi, Rabu.

Gubernur mengungkapkan, Bujang-Gadis Jambi merupakan duta pariwisata, yang artinya merupakan salah satu ujung tombak dan memiliki peran yang sangat penting untuk mempromosikan kekayaan yang ada di Provinsi Jambi, baik di kancah nasional maupun internasional.

"Kita mengharapkan Bujang-Gadis yang terpilih nantinya benar benar bisa mengemban tugas dalam mempromosikan kesenian, kebudayaan dan pariwisata yang ada hingga tingkat internasional, sehingga Jambi akan lebih dikenal nantinya," ujarnya.

Menurutnya, pendidikan dan pengembangan generasi muda tidak hanya selalu dilakukan ditingkat sekolah maupun tingkat perguruan tinggi, tetapi salah satunya bisa dilakukan melalui program pemilihan Bujang-Gadis tersebut yang memang sudah dilakukan dari tahun-tahun sebelumnya.

Dia menegaskan pemilihan Bujang-Gadis Jambi 2017 bukan hanya sekedar ceremony belaka, ke depannya Pemerintah Provinsi Jambi akan melibatkan Bujang-Gadis Jambi untuk lebih berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata yang ada di Jambi.

Seperti mengenalkan Kerinci sebagai destinasi wisata favorit yang ada di Provinsi Jambi, serta bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi untuk lebih mengenalkan Lacak Jambi, Batik Jambi dan Songket Jambi.

Selain itu kata Zola, program pemilihan Bujang-Gadis Jambi ini memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk dapat mengembangkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki oleh generasi muda Jambi.

Pada malam Grand Final Pemilihan Bujang Gadis Jambi 2017, Selasa (9/5) malam itu, diikuti sebanyak 15 orang finalis Bujang Jambi dan 15 orang Gadis Jambi dari setiap kabupaten/kota.

Dan terpilih Bujang Jambi 2017 atas nama Imam Kurniawan perwakilan dari Kota Jambi 1 dan Gadis Jambi 2017 atas nama Nurul Fitri Sari perwakilan dari Kota Sungai Penuh 1.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017