Jambi, Antarajambi.com - Penjabat Bupati Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi, Arif Munandar menghimbau warga setempat untuk mewaspadai terjadi bencana banjir, terutama yang berada didaerah sekitar pinggiran sungai.

"Kita menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap datangnya bencana, terutama banjir akibat luapan air sungai akibat curah hujan yang saat ini mulai meningkat," katanya di Sarolangun, Sabtu.

Ia mengatakan himbauan ini senantiasa disampaikan pihak pemerintah daerah agar kemudian masyarakat dapat mewaspadai segala kemungkinan yang terjadi, mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini.

"Kita tidak tau kapan datangnya bencana, kita bisa melihat kondisi cuaca yang saat ini tidak beraturan, untuk hal itu pemerintah daerah juga terus melakukan pemantauan dan mempersiapkan diri atas segala kemungkinan yang terjadi," kata Arif Munandar.

Sementara itu, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sarolangun, Mulyadi mengatakan terkait kondisi saat ini ada Lima Kecamatan Di Daerah itu yang rawan terhadap banjir.

"Ada lima kecamatan yang rawan banjir yaitu, Kecamatan Mandiangin, Pauh, Air Hitam, Limun dan Kecamatan Batang Asai," katanya.

Ia mengatakan untuk saat ini memang belum ada yang parah terdampak banjir dam belum ada sejauh ini pihaknya menemukan bahwa sudah ada rumah serta korban jiwa.

"Tapi kita terus memantau, sejauh ini baru ada air yang naik sebatas pinggiran-pinggiran saja belum ada kita dapat informasi rumah yang teremdam seperti kejadian sebelumnya," kata Mulyadi.

Ia menjelaskan dari pantauan lapangan pihaknya, diketahui sudah ada banjir ringan didaerah Limun, Pauh dan Air Hitam namun masih dapat diatasi oleh warga setempat.

"Di Mandiangin kita belum dapat laporan bahwa ada banjir, sementara yang lain masih bisa diatasi. Dan hari ini kita lihat kondisi air sudah turun dari sebelumnya," katanya menambahkan.

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017