Jambi, Antarajambi.com - Ketua Umum KONI Kota Jambi, A Rahman, mengusulkan Kota Jambi untuk menjadi tuan rumah menggantikan Merangin pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-22 tahun 2018.

"Jika disetujui Wali Kota dan peserta rapat kerja anggota KONI Jambi, maka Pengurus KONI Kota Jambi siap mengambil alih pelaksanaan tuan rumah Porprov Jambi ke-22 tahun 2018 yang semula digelar di Kabupaten Merangin yang menyatakan diri tidak siap melaksanakannya," kata A Rahman, pada rapat anggota KONI Jambi, Sabtu.

Usulan dari KONI Kota Jambi tersebut akan menjadi pertimbangan dari pengurus KONI Provinsi Jambi dan cabang olahraga untuk mengambil keputusan secepatnya terkait pemindahan lokasi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Jambi tersebut dari Kabupaten Merangin ke Kota Jambi.

Rahman mengatakan Kota Jambi siap menjadi tuan rumah dan seluruh fasilitas sudah ada, baik dari sarana dan prasarana pendukung serta venue cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov 2017.

Secara tertulis dalam surat resmi bahwa Kabupaten Merangin batal menjadi tuan rumah Porprov 2018, dan keputusan itu kemudian dibahas pada Rapat Koordinasi Anggota KONI Provinsi Jambi.

Ketidaksiapan Kabupaten Merangin menjadi tuan rumah ajang olahraga tiga tahunan ini disebabkan tahun 2018 mendatang tersebut bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan dilaksanakan Pilpres tahun 2019.

Sementara itu Ketua Umum KONI Provinsi Jambi, Indra Armendalis, mengatakan pada rapat koordinasi atau rakor KONI Jambi, perlu dicari kesepakatan baru mengenai tuan rumah, agar even tiga tahun sekali ini tidak molor dari jadwal.

Setelah ada usulan dari KONI Kota Jambi, yang bersedia menjadi tuan rumah menggantikan Merangin, Indra minta kepada KONI Kota Jambi agar segera mengajukan surat permohonan secara tertulis tentang kesanggupan menjadi tuan rumah.

"Kita tunggu surat persetujuan dari KONI Kota Jambi," kata Indra Armendalis kepada peserta rapat koordinasi KONI dan cabang olahraga itu.

Sedangkan pengurus KONI Kabupaten Merangin, Fardiansyah, pelaksanaan Porprov diundur atau dilaksanakan pada 2019 karena belum ada kejelasan dari pihak eksekutif.

Menurutnya mengenai fasilitas dan venue sudah mulai dibangun. Saat ini hanya tinggal kolam renang yang belum dan sudah dianggarkan dananya pada 2018 mendatang.

Plt Kadispora Provinsi Jambi Wahyudin berharap olahraga tidak dicampur aduk dengan politik dan bila ini terjadi maka perkembangan olahraga akan hancur.

"Saya berharap adanya pembinaan olahraga sejak dini, sehingga prestasi olahraga di Provinsi Jambi dapat lebih baik," ujarnya.



Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017