Jambi, Antarajambi.com - Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar meminta kepala desa setempat bersinergi dengan Badan Pertahanan Nasional (BPN) dalam melakukan sertifikasi atas tanah-tanah masyarakat daerah itu.

"Saya minta masyarakat khususnya kepala desa untuk meningkatkan kerja sama dengan BPN sebab kerja sama yang baik sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan sertifikasi tanah sehingga meminimalisir sengketa-sengketa di tengah masyarakat," katanya usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Agraria 2017 di Jambi, Senin.

Wagub mengungkapkan, seperti yang dikatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), kepala desa adalah Presidennya desa, artinya kepala desa yang mengatur setiap kebijakan di desa masing-masing.

"Sebagaimana halnya dalam menjalin kerja sama yang baik dengan pihak BPN untuk membantu dan memfasilitasi masyarakat memperoleh sertifikasi tanah, khususnya masyarakat desa yang ada di Jambi," ujarnya.

Wagub juga membacakan sambutan tertulis Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Perencanaan Nasional (BPN) Dr Sofyan Djalil yang berkomitmen mengawal dan mengimplementasikan semangat Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) untuk menyelesaikan masalah agraria/pertanahan yang sampai saat ini masih menjadi masalah bangsa.

"Ketimpangan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah masih terjadi, yang mengakibatkan tingginya angka kemiskinan, pengangguran, sengketa dan konflik tanah serta kerusakan lingkungan," kata Wagub dalam penyampaian sambutan tertulis tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi HS. All Jabbar mengatakan dalam rangka memperingati Hari Agraria ke-57, BPN akan menggiatkan sertifikasi tanah-tanah yang dimiliki oleh masyarakat dan menargetkan semua bidang tanah masyarakat telah memiliki sertifikat tanah pada tahun 2025.

"Saya mengimbau seluruh kepala desa untuk membantu dan memfasilitasi masyarakatnya dalam melakukan sertifikasi tanah, terutama dalam hal atas hak tanah. Kita bisa menyelesaikan semua program yang telah ditentukan oleh pemerintah jika kita bisa bekerjasama dengan baik," kata Jabbar.

Wagub dan Kepala BPN menyerahkan sertifikat tanah masyarakat secara simbolis kepada 22 warga.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017