Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola membuka Kejuaraan Daerah Tarung Derajat V/2017 tingkat Provinsi Jambi yang digelar di GOR Kota Baru Kota Jambi, 2-5 November 2017.

Sebanyak 140 atlet tarung atau petarung dari 11 pengurus cabang (pengcab) kabupaten dan kota, tampil mengikuti kejuaraan itu. Hadir pula pada kesempatan itu Sang Guru H Achmad Derajat, Ketua Pengda Kodrat Jambi yang juga Bupati Batanghari Syahirsah serta Kepala Staf Korem Gapu.

Pada kesempatan itu gubernur mengapresiasi atas antusiasme atlet tarung derajat Jambi serta kepada para pelatih/ pembina karena cabang olahraga itu telah memberikan prestasi berupa medali emas dalam beberapa ajang multievent.

Sementara itu Sang Guru, H Achmad Derajat memberikan tausiyah kepada para petarung berisikan pesan dan nasihat agar para anggota atau keluarga Kodrat Jambi untuk tetap memegang teguh prinsip sebagai ksatria pejuang dan pejuang ksatria yang menjaga kesatuan dan persatuan.

Ketua Harian Pengda Kodrat Jambi, Engkos Kosasih menyatakan Kejurda  tahun ini, merupakan agenda kegiatan Pengprov Kodrat Jambi untuk meningkatkan kualitas kompetisi antara para petarung yang ada di Provinsi Jambi dan sekaligus sebagai ajang seleksi atlet muda atau junior/pelajar.

Peserta Kejurda tahun ini berjumlah 140 atlet tarung derajat yang akan memperebutkan 26 medali emas yang dibagi dalam dua kategori yakni masing-masing kategori ada 13 kelas putra dan putra untuk tingkatan dewasa dan remaja.

Engkos menjelaskan, ajang kejurda tahun ini khususnya untuk atlet tarung derajat remaja akan dijadikan ajang penyeleksi alet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja 2018.

"Sedangkan untuk dewasa, hasil Kejurda tahun ini sebagai tolok ukur seluruh pengurus cabang baik kabupaten dan kota menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 di Bungo Tebo," katanya.

Selain itu juga ajang ini  bisa dijadikan untuk data atlet tarung drajat berprestasi tingkat Provinsi Jambi yang bisa mewakili provinsi pada tingkat nasional.

Engkos juga berharap, melalui kejurda yang digelar setiap tahunnya dapat meningkatkan kualitas petarung Jambi untuk bisa meraih prestasi kedepannya diajang nasional.

Kejurda kali ini menggunakan sistem gugur di masing-masing kelas tarung yang dipertandingkan pada Kejurda tarung drajat 2017.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017