Oleh Dodi Saputra

Jambi, 16/4 (Antara) - Sebanyak 37 pewarta dari berbagai media di Jambi lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jambi, 14-15 April 2018.

Ketua PWI Jambi, Saman di Jambi, Senin, mengatakan peserta UKW angkatan IV yang diselenggarakan PWI Jambi berjumlah 44 orang, terdiri dari tiga peserta jenjang madya dan 41 orang jenjang muda.

"Sebanyak 37 peserta dinyatakan berkompeten dan tujuh peserta dinyatakan belum kompeten," kata Saman.

Menurutnya, hasil penilaian dari tim penguji adalah yang sebenar-benarnya dan bisa dipertanggungjawabkan.

 "Kita yakin bahwa penguji sangat bisa diandalkan dan dipertanggungjawabkan" ujarnya,

Untuk yang belum berkompeten, Saman mengimbau untuk terus belajar dan mengikuti UKW selanjutnya.

Sementara itu, Ketua Penguji UKW Jambi angkatan IV yang juga Manager UKW PWI Pusat, Uyun Achadiat mengatakan setelah mengikuti UKW, pewarta diharapkan berubah dari biasanya karena sudah dinyatakan kompeten.

 "Setelah UKW tentu mendapat sorotan dari sesama profesi ataupun pimpinan, dan tentu karya kita juga akan disorot. Sebab itu keluar dari UKW diharapkan profesonal," kata Uyun.

 Peserta yang dinyatakan kompetan mendapatkan nilai di atas standar yang berarti selama berkegiatan menjadi jurnalis sudah sesuai dengan kaedah yang ditetapkan oleh Dewan Pers.

Dengan predikat kompeten tersebut, tentu juga menjadi tanggung jawab yang besar agar dapat melaksanakan fungsi pers yang sesuai aturan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

 "Yang sudah menyelesaikan tugas profesional harus ikut bergerak membantu supaya teman-teman yang belum mendapatkan kesempatan ikut uji kompetensi dan safari jurnalistik juga mendapatkan kesempatan," katanya.

 Menurutnya lagi, dengan memiliki kompetensi maka jurnalis mempunyai nilai tambah. Selain itu yang paling penting adalah pewarta mendapatkan pengetahuan, informasi dan ilmu jurnalisme sebab ilmu jurnalis bergerak dan berpacu dengan teknologi informasi.

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018