Jambi, (Antaranews Jambi) - Plt Gubernur Jambi Dr H Fachrori Umar menyambut baik peningkatan Polda Jambi dari tipe B menjadi A yang ditandai dengan peresmian yang dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Plt Gubernur Jambi secara khusus hadir pada kegiatan itu bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Provinsi Jambi dan menyampaikan selamat kepada Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS dan jajaran Polda Jambi.

Selama ini Pemprov dan Polda Jambi serta Forkopinda Provinsi Jambi lainnya terjalin kerja sama yang harmonis dalam berbagai program terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian  meresmikan kenaikkan Polda Jambi dari tipe B menjadi A melalui upacara yang digelar di Mapolda Jambi, Jumat.

Kapolri Tito Karnavian dalam sambutannya, dihadapan ratusan personil kepolisian daerah Jambi maupun Plt Gubernur Jambi, para Wali Kota dan Bupati serta Forkompinda, mengatakan penilaian kenaikkan tipe Polda Jambi dikarenakan cepatnya pembangunan di daerah ini maka akan terjadi juga peningkatan eskalasi keamanan di daerah itu.

"Polda Jambi sudah selayaknya naik menjadi Polda tipe A dengan alasan untuk membantu pembangunan itu perlu pelayanan publik yang lebih baik lagi yang dibisa dilakukan kepolisian daerah," kata Kapolri.

Penilai itu sudah dilakukan oleh Mabes Polri bersama kementerian terkait sehingga  polda tersebut dinaikkan tipe satu tingkat menjadi A.

Tito mengatakan, beberapa faktor yang menjadi perhatian kenaikkan tipe polda tersebut diantaranya meningkatnya faktor faktor gangguan keamanan di daerah tersebut seperti tindak kejahatan umum dan kejahatan korupsi, lingkungan hidup serta konflik ditingkat masyarakat.

Dengan situasi yang aman di Jambi maka permbangunan di berbagai sektor dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti yang terjadi di Provinsi Jambi, sehingga pantas Polda Jambi menjadi polda tipe A.

Kemudian konsekuensi kenaikan tipe polda adalah meningkatnya  eselon para pejabat dan nanti dalam waktu dekat setelah diusulkan maka Polda Jambi akan dipimpin oleh kapolda yang berbintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi dan wakapolda  berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen).

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018