Jambi (Antaranews Jambi)- Universitas Jambi menargetkan sebanyak 5.000 lebih peserta yang mendaftar untuk mengikuti tes melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2018 wilayah barat di perguruan tinggi tersebut.

"Kalau bisa target jumlah yang mendaftar melalui jalur tersebut di Universitas Jambi mencapai lebih dari 5.000 siswa," kata Wakil Rektor I Universitas Jambi Prof RA Muthalib dihubungi di Jambi, Kamis.

Proses pendaftaran melalui jalur seleksi di Universitas Jambi telah dibuka pada 8 Mei hingga 10 Juli 2018. Pendaftaran itu dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi laman https://pendaftaran.smmptn.id/.

Sedangkan biaya pendaftaran untuk kelompok Saintek atau Soshum (tidak ada materi ujian keterampilan) sebesar Rp300.000.

Dan biaya pendaftaran untuk kelompok Saintek atau Soshum yang ada materi ujian keterampilan dan/atau materi TOEFL sebesar Rp400.000.

"Peserta yang tidak lulus SBMPTN masih bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi SMMPTN tersebut," katanya menjelaskan.

Dalam laman pengumuman seleksi tersebut, untuk pelaksanaan UTBC akan berlangsung pada 17 Juli, ujian keterampilan pada 18, 19 Juli 2018 dan pengumuman seleksi pada 27 Juli 2018.

Sementara itu, jalur SMMPTN wilayah barat merupakan penerimaan berdasarkan ujian tulis yang dilakukan secara nasional yang dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi negeri Indonesia wilayah barat untuk program S-1 reguler dan vokasi.

Jalur SMMPTN perguruan tinggi di wilayah barat itu di antaranya adalah Universitas Jambi, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Syah Kuala, Universitas Lampung.

Kemudian Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Andalas, Universitas Samudera, Universitas Palangkaraya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Bangka Belitung, UIN Palembang, ISI Padang Panjang, Universitas Bengkulu, Universitas Malikussaleh, dan ISBI Aceh.



 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018