Jambi (Antaranews Jambi) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jambi mencatat pembayaran klaim jaminan hari tua (JHT) kepada peserta jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah kerjanya itu telah mencapai Rp58,5 miliar.

"Dari total jumlah nilai yang telah dibayarkan tersebut dengan klaim yang masuk sebanyak 6.992 klaim," kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jambi, Mayriwan Ekaputra pada acara gathering bersama wartawan di Jambi, Selasa.

Jumlah pembayaran klaim JHT yang dibayarkan selama periode Januari-September 2018 tersebut merupakan yang paling banyak dibayarkan kepada peserta jaminan sosial ketenagakerjaan di Jambi.

JHT salah satu program jaminan sosial ketenagakerjaan itu merupakan program persiapan dana yang dicairkan untuk peserta jika telah berhenti bekerja atau telah berakhir masa kerjanya.

Berdasarkan kebijakan pemerintah yang tertuang melalui PP Nomor 70 Tahun 2015m, salah satu poin isinya jaminan hari tua sudah bisa dicairkan minimal satu bulan setelah berhenti bekerja atau mengalami PHK dari sebuah perusahaan.

Pada periode yang sama pihaknya juga membayarkan klaim jaminan kecelakaan kerja (JKK) senilai Rp5,8 miliar atau dengan kasus kecelakaan kerja yang masuk sebanyak 830 kasus.

Sedangkan untuk pembayaran klaim jaminan kematian (JKM) sebanyak 12 kasus dengan nominal yang telah dibayarkan senilai Rp288 juta.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan dan Jaminan BPJS Ketenagakerjaan Jambi, Argo mengatakan klaim yang dibayarkan kepada peserta itu merupakan manfaat dari mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Klaim yang dibayarkan itu menjadi tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan, jika peserta mengalami risiko kecelakaan pekerja saat sedang bekerja," kata Argo. ***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018