Jambi (Antaranews Jambi) - Seribuan warga di Kota Jambi mengikuti jalan sehat menggunakan sarung yang digelar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jambi, Minggu pagi.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jambi Mayriwan Ekaputra mengatakan, jalan sehat sarungan tersebut dilakukan sebagai upaya mendekatkan edukasi masyarakat agar lebih memahami manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Berdasarkan laporan yang masuk untuk yang mengikuti jalan sehat sarungan ini sebanyak sekitar 1.700 orang, itu berdasarkan kupon yang telah didistribusikan ya," katanya.

Jalan sehat sarungan yang dipusatkan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Jambi di kawasan Broni Kota Jambi itu terselenggara atas kerja sama dengan PWNU Jambi dan sejumlah pihak lainnya.

Jalan sehat sarungan tersebut kata dia, selain tujuannya untuk mengedukasi masyarakat juga dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun BPJS Ketenagakerjaan ke-41. Pada pelaksaan jalan sehat sarungan itu pihak panitia juga menyediakan "doorprize" satu unit motor dan berbagai hadiah lainnya.

"Jalan sehat pakai sarung ini memang sesuatu yang unik, selain unik, tapi ini intinya untuk mengedukasi dan sosialiasi tentang manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan, karena selama masih banyak masyarakat yang belum mengenal program BPJS Ketenagakerjaan," katanya menjelaskan.

Masyarakat yang mengikuti jalan sehat sarungan itu lanjutnya, hanya cukup mendaftar dengan nominal Rp16.800 dan mendapatkan kupon undian.

Dengan membayar pendaftaran tersebut, maka secara otomatis terdaftar menjadi kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk sektor bukan penerima upah (BPU), kata dia.

Secara umum saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat program jaminan ketenagakerjaan itu. Bahkan menurut Mayriwan, masih ada pemangku kepentingan di daerah yang belum paham tentang manfaat program jaminan sosial bagi tenaga kerja itu sendiri.

"Ini memang agak sulit dan tidak bisa cepat, sehingga kami terus melakukan kegiatan edukasi langsung kepada masyarakat seperti jalan sehat ini," katanya menambahkan.
 
Jalan sehat sarungan ala BPJS Ketenagakerjaan Jambi. (Antaranews Jambi/BPJS Ketenagakerjaan)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018