Korem 042/Gapu, Jumat, menerjunkan kekuatan personelnya sebanyak 180 prajurit untuk melaksanakan karya bakti TNI berupa gotong royong membantu masyarakat membersihkan sampah di sekitar Pasar Modern Angsoduo agar tampak bersih dan sehat.

Prajurit Korem 042/Gapu dengan pakaian loreng membersihkan sampah yang menumpuk, sebagian prajurit juga dikerahkan untuk membersihkan selokan yang penuh berisi sampah plastik serta air yang tergenang dan menimbulkan bau tidak sedap.

Karya bakti TNI yang dipimpin langsung Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy itu juga bertujuan agar lingkungan pasar tradisional terbesar di Jambi itu tidak terkesan kumuh.

Pasar Angsoduo ini semula masih pasar tradisional namun berubah menjadi pasar modern. Saat ini kondisi los pasar yang ada memang sudah layak dipakai namun kebersihannya sangat kurang karena selokan air penuh dengan sampah plastik, walaupun saat ini sudah dilengkapi dengan tempat pembuangan sampah, WC umum dan musholla.

Danrem 042/Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudy mengatakan, kegiatan gotong royong ini adalah kegiatan rutin yang akan diselenggarakan setiap hari Jumat, diharapkan dengan gotong royong ini pasar modern yang belum lama dibangun tersebut akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat saat berbelanja karena kebersihan dan ketertiban sudah bisa dijaga.

"Karya Bakti melalui Jum’at bersih ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya pasar yang sehari-harinya dikunjungi banyak orang dapat tercipta lingkungan pasar yang bersih dan sehat agar orang tidak merasa risih saat berbelanja," kata Danrem.

Selain itu juga sebagai upaya pembinaan teritorial guna meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, sehingga gotong royong itu dapat dipahami oleh masyarakat luas dan diharapkan dapat membangkitkan serta menumbuhkan kecintaan rakyat terhadap TNI.

Danrem mengatakan, sebagai prajurit kewilayahan Korem Garuda Putih, turut berperan aktif dan bertanggungjawab atas kebersihan lingkungan termasuk kebersihan Pasar Angsoduo.

"Sehingga wujud nyata kami adalah membantu menciptakan kebersihan di lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini saja, melainkan akan terus berlanjut ke depannya. Tidak hanya di pasar saja, nanti akan ada di tempat-tempat lain juga," ujar Danrem.

Danrem menambahkan, aksi bersih-bersih itu juga merupakan bentuk kepedulian TNI Korem 042/Gapu dan jajarannya dalam memotivasi masyarakat untuk ikut peduli dengan lingkungan sehingga warga sadar dan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, apalagi di parit/selokan serta lingkungan pasar.

Dalam kegiatan gotong royong itu, anggota Korem 042/Gapu juga dibantu anggota Polri dan petugas Dinas Kebersihan Pasar Angsoduo dengan mengerahkan mobil pengangkut sampah dan eskavator. Aksi bersih-bersih berlangsung sekitar 1,5 jam dan kawasan pasar terlihat bersih.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019