Memasuki H-3 Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M, Gubernur Jambi Fachrori Umar beserta Kapolda Jambi, Danrem 042/Garuda Putih, Sekda Provinsi Jambi dan Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga pangan di Pasar Angsoduo, Kota Jambi, Minggu.

Sidak difokuskan pada komoditi pangan yang sering mengalami kenaikan harga yang tinggi dan memicu inflasi selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, yakni daging sapi, cabai merah dan bawang.

Dari Sidak tersebut dan dari penjelasan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariansyah, harga daging sapi di kisaran Rp120 ribu per kilogram atau mengalami kenaikan harga Rp10.000 dari sebelumnya Rp110 ribu per kilogram.

Kemudian daging ayam kisaran Rp32-33 ribu per kilogram, bawang merah Rp28 ribu per kilogram bawang putih Rp32 ribu dan cabai merah Rp50 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp28 ribu per kilogram. Hanya cabai merah yang mengalami kenaikan harga yang dipengaruhi oleh banyaknya permintaan dan keterbatasan stok.

Usai sidak, Fachrori menyatakan memang ada kenaikan harga pangan, dan itu sering terjadi selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, namun secara umum kenaikan harga masih tergolong tidak terlalu melonjak.

Fachrori mengatakan, Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi yang terdiri dari berbagai instansi lintas sektoral, termasuk di dalamnya TNI dan Polri, terus berusaha bersama-sama agar kenaikan harga pangan tidak tajam, namun relatif stabil, apalagi tinggal beberapa hari lagi masyarakat akan merayakan Idul Fitri.

Selanjutnya, Fachrori mengajak semua pihak memberikan informasi yang akurat tentang harga-harga pangan, untuk membantu menciptakan suasana yang kondusif bagi masyarakat dalam menghadapi dan merayakan Idul Fitri. 

"Mudah-mudahan masyarakat dan kita semua bisa menghadapi dan merayakan Idul Fitri dengan aman dan tentram," ujar Fachrori.

Sekda Provinsi Jambi, H.M Dianto menambahkan, sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga yang tinggi pada komoditi pangan, Pemerintah Provinsi Jambi bersama Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi akan berusaha menyediakan cold storage (penyimpanan yang dingin). 

Cold storage tersebut akan digunakan untuk penyimpanan daging beku, cabai merah dan bahan pangan lainnya. Pengadaannya akan diusahakan pada Perubahan APBD dan teknisnya akan dikoordinasikan dengan Bulog.


 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019