Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jambi memberikan reward/penghargaan kepada dua Kejaksaan Negeri (Kejari) yakni Kejari Kota Jambi dan Muarobungo dengan kategori Kejari terproduktif dalam menegakkan kepatuhan di bidang jaminan sosial Ketenagakerjaan tahun 2018.

Penghargaan yang diterima perwakilan Kepala Kejari tersebut diberikan langsung Asisten Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Bidang Kepesertaan Wilayah Sumbagsel, Masri.

Penghargaan untuk dua kejari terproduktif itu diserahkan disela-sela sosialisasi, monitoring dan evaluasi kerja sama BPJS Ketenagakerjaan dengan Kejaksaan se-Provinsi Jambi di Swiss-Belhotel Jambi, Selasa.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jambi, Mayriwan Ekaputra dalam kesempatan tersebut mengatakan kerja sama dengan kejaksaan se-Provinsi Jambi selama ini fokus pada persoalan tunggakan atau piutang perusahaan yang macet.

"Jadi jika ada perusahaan atau pemberi kerja menunggak iuran atau mengabaikan hak-hak normatif para pekerjanya maka kita limpahkan ke kejaksaan dengan mengeluarkan Surat Kuasa Khusus (SKK)," kata Mayriwan.

Asisten Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Bidang Kepesertaan Wilayah Sumbagsel, Masri mengatakan kerja sama BPJS Ketenagakerjaan dengan kejaksaan sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten.

"Inti dari kerja sama itu adalah untuk meningkatkan kepatuhan pemberi kerja atau perusahaan dalam menjalankan program BPJS Ketenagakerjaan," kata Masri.

Salah satu persoalan dalam menjalankan program jaminan sosial ini kata Masri adalah piutang perusahaan. Sebab itu BPJS Ketenagakerjaan perlu menggandeng kejaksaan untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Yang banyak kita serahkan ke kejaksaan adalah piutang, karena di situ berpotensi memulihkan keuangan negara," jelasnya.

Masri mengatakan kegiatan tersebut terus dilakukan secara berkala dan dilakukan evaluasi dalam rangka melihat efektifitas pelaksanaan kerja sama tersebut.***

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019