Kepolisian daerah (Polda) Jambi mengingatkan bahaya radikalisme dan teroris dalam materinya pada acara kegiatan Pelatihan Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru tahun ajaran 2019/2020 di Universitas Batanghari (Unbari).

Kegiatan pemberian materi itu disampaikan langsung oleh Ipda Sudiro yang menjabat sebagai Pejabat Sementara (PS) Panit 3 Subdit 5 Ditintelkam Polda Jambi, Senin, dipandu moderator Kasiono dan dihadiri 479 mahasiswa baru Unbari  dari mahasiswa dari Fakultas Hukum, Teknik dan Pertanian.

Kegiatan bertempat di Aula lantai III Universitas Batanghari Jambi diselenggarakan dalam rangka  Pelatihan Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2019/2020 bertemakan "Melalui Pendidikan Karakter Kita Tingkatkan Insan Yang Berintegritas dan Betakhlak Mulia".

Dalam materi yang diberikan Sudiro disampaikan bahwa bahaya radikalisme dan terorisme adalah perkembangan lingkungan strategi meliputi Global Nasional dan Regional, kemudian hakikat terorisme dan radikalisme serta keterkaitan antara keduanya.

Kemudian juga ada pengaruh perkembangan lingkungan strategi baik global, regional maupun nasional (Ipoleksosbudhankam) dimana pemuda dan mahasiswa harus memiliki daya tangkal terhadap bahaya radikalisme dan terorisme serta tidak memberikan kesempatan bagi tumbuhnya gerakan ideologis radikal yang bertentangan dengan pancasila di lingkungan kampus.

Sudiro juga memaparkan latar belakang dan pemahaman kelompok teroris serta pola penyebarannya dan proses perekrutan anggota kelompok radikal dan reroris di Indonesia, serta memberikan latar belakang dan pemahaman kelompok teroris serta pola penyebarannya hingga proses perekrutan anggota agar bisa bergabung dalam kelompok radikal dan teroris.

Kepolisian juga memberikan pemahaman terhadap Pancasila, karena dan mengamalkan Pancasila dalam kebidupan sehari hari akan menimbulkan anti radikal dan terorisme, serta faktor yangg mempengaruhi timbulnya faham radikalisme hingga deradikalisasi dan pencegahannya.

Pada acara itu juga Sudiro sebagai nasa sumber dalam pelatihan pendidikan karekter mahasiswa Unbari itu selanjutnya dilakukan pemutaran audio video tentang rasa nasionalisme, pancasila yang sila-silanya terdapat dalam Al-Quran, kewaspadaan terhadap pemikiran radikalisme dan Manhaj Hizbut Tahrir yang merongrong kekuasaan pemerintah dengan sistem khilafah.

Acara pelatihan karakter mahasiswa baru Unbari tersebut berjalan lancar dan sukses dimana ratusan mahasiswa dari tiga fakultas tersebut mengikutinya dengan seksama.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019