Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Jambi berlatih dengan mengedepankan Protokol Kesehatan COVID-19.

“Anggota Paskibraka Kota Jambi telah melakukan latihan dasar dengan mengedepankan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, phsycal distancing, dan lainnya,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Jambi Moncar di Jambi, Senin.

Ada 60 anggota Paskibraka yang mengikuti latihan yang dilaksanakan di lapangan kantor Wali Kota Jambi. Dijelaskan Moncar, latihan yang dijalani anggota Paskibraka tersebut merupakan latihan dasar, seperti latihan baris berbaris dan melakukan pemanasan fisik.

Terkait teknis latihan anggota Paskibraka ke depan, Moncar masih menunggu petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat. Dimana akan ada komentar petunjuk khusus terhadap latihan anggota Paskibraka di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

“Petunjuk berikutnya masih kita tunggu dari Diskeppora Provinsi Jambi atau pun dari Kemenpora RI,” katanya.

60 anggota Paskibraka yang menjalani latihan tersebut merupakan hasil seleksi dari 553 orang pelajar tingkat SMA sederajat di Kota Jambi yang dikirim oleh pihak sekolah di daerah itu, baik itu sekolah negeri maupun swasta.

Dari 60 anggota Paskibraka di daerah itu, 15 orang diantaranya lulus seleksi menjadi anggota Paskibraka tingkat provinsi, dan satu orang diantaranya menjadi anggota cadangan untuk Paskibraka tingkat nasional.

“Anggota Paskibraka Kota Jambi yang lulus seleksi di provinsi belum di ketahui di mana posisinya, dan yang lulus sebagai cadangan untuk tingkat nasional masih akan menjalani seleksi,” kata Moncar.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha saat pelaksanaan seleksi anggota Paskibraka berpesan agar para pelajar yang mengikuti seleksi dapat mengikuti tahapan dengan sebaik mungkin. Begitu pula jika telah lulus seleksi agar dapat mengikuti rangkaian pelatihan dengan sebaik mungkin.

“Tidak hanya fisik, namun peserta juga dilatih mental dan ideologi-nya untuk setia kepada NKRI,” kata Syarif Fasha saat seleksi anggota Paskibraka dilaksanakan.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020