Rektor UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Prof Su'aidi Asyari menerima kunjungan reses anggota DPR RI Komisi VIII  Hasan Basri Agus di Kampus UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Kamis (29/7).

Dalam pertemuan tersebut, Rektor UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Prof Su'aidi Asyari menyampaikan beberapa masukan kepada HBA satu diantaranya berkaitan  dengan  implementasi dari PP  Nomor 49 yang kemudian membuat UIN  sebagai perguruan tinggi BLU terhambat dalam rekruitmen dosen dan tenaga kependidikan.

"Alhamdulillah tadi direspon dan  kami harapkan disuarakan secara nasional," kata Prof Suaidi.

Dirinya menambahkan beberapa masukan lainnya diantaranya terkait pembukaan program studi yang  saat ini  terhambat dengan moratorium yang dibuat oleh Kemendikbud. Hal ini diharapkannya juga bisa disuarakan oleh anggota DPR RI komisi VIII secara nasional.

"Kami berharap hal tersebut bisa disuarakan sehingga kami bisa mengajukan izin pembukaan prodi baru yakni prodi umum sebagai amanat dari perubahan IAIN menjadi UIN. Apabila moratorium tersebut dibuka dan pembatasan pembukaan prodi umum di perguruan agama islam itu dibuka maka kami siap untuk berkompetisi bersama-sama membangun negeri ini melalui UIN STS Jambi," tegasnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi VIII, Hasan Basri Agus usai kunjungan reses mengatakan masukan yang diberikan oleh rektor UIN beserta civitas akademika UIN STS Jambi ini akan menjadi bahan evaluasi bagi DPR RI komisi VIII untuk disuarakan ke pusat.

"Ada beberapa hal yang menjadi masukan dari rektor UIN kepada kami insyaallah menjadi perbaikan," kata HBA.

Beberapa waktu lalu diakui HBA, dirinya juga telah melakukan reses ke UIN sebagai anggota DPR RI komisi V yang membidangi infrastruktur. Hasilnya kini sudah akan terealisasi pembangunan jalan dan akan dilanjutkan kembali dengan pembangunan embung.

"Sekarang saya datang sebagai anggota komisi VIII  yang  berkaitan langsung bidang pengawasan,  termasuk persoalan di UIN seperti dosen dan kaitannya dengan  guru besar seperti yang sudah disampaikan oleh rektor. Itu akan menjadi bahan masukan kami dalam rapat kerja dengan menteri agama RI,"tutupnya.

Diskusi dalam rangka kunjungan reses anggota DPR RI Komisi VIII ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor II As'ad Isma,  Wakil Rektor III Bahrul Ulum, para dekan fakultas serta civitas akademika UIN STS Jambi.  Usai berdiskusi, HBA juga melihat  perkembangan pembangunan di UIN STS Jambi.


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021