Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi  Jambi yang memiliki tugas untuk mengembangkan inovasi di bidang pertanian kembali melakukan kegiatan di  Kabupaten Sarolangun   Jambi untuk mensurvey ketersediaan bahan pakan pada 19-21 Oktober 2021 .

Mengutip laman BPTP Jambi, Minggu,  kunjungan tersebut berkoordinasi Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) dan dinas terkait untuk mengetahui lokasi Unit Pengolahan Hasil (UPH) tanaman jagung yang berasal dari kelompok tani di daerah tersebut.

Salah satu kelompok tani ialah 10 ha yang dimiliki dan dikoordinir oleh Basuki dari Kelompok Tani Sido Makmur, dan juga Kelompok Tani Muda Karya  di kecamatan Singkut dengan ketua kelompok Rohadi.

Gabungan kelompok tani (GAPOKTAN) yang berada di Pulau Pinang Kabupaten Sarolangun  ialah salah satu yang memiliki mesin penggilingan dan alat pengering yang dikoordinir oleh Suherman memiliki luas 160 ha.

Dipastikan tahun 2022 awal stok jagung akan banyak didapatkan untuk memasok pemilik ternak.

Saat ini pakan ternak berupa dedak atau sebagainya sedang sulit didapat karena itu diambil sendiri untuk pakan ternak miliknya. Berbeda bulan April-Mei bisa dipastikan akan banyak dedak yang didapat.

Pewarta: Setio Utomo

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021