Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno M.Sc,Ph.D menyaksikan langsung peresmian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang secara resmi dilaunching oleh Menteri Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan di Bandara Sultan Thaha Jambi, Rabu (19/1).

Peluncuran Gernas BBI ditandai dengan menyentuh layar secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri ATR BPN RI, Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan, Budi Karya dan Gubernur Jambi Al Haris serta disaksikan oleh undangan yang hadir.

Menteri Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan dalam sambutannya mengatakan Gernas BBI merupakan tulang punggung ekonomi di daerah.

“UMKM merupakan “Back Bone” ekonomi di daerah, maka dari itu UMKM harus terus di dukung dan dikembangkan, salah satunya melalui Gernas BBI,” kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Melalui Gernas BBI, UMKM di harapkan dapat memasuki dunia digital dalam melakukan pemasaran produk. Sampai dengan tahun 2023 ditargetkan 30 juta UMKM “Go digital”.

Sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Universitas Jambi telah melaksanakan inovasi dan kreatifitas sejalan dengan visi kampus merdeka, merdeka belajar.

Saat ini berbagai produk sudah dihasilkan oleh Mahasiswa UNJA, berbagai Produk unggulan telah diciptakan, seperti produk piring dan mangkuk berbahan pelepah pinang, Nanas goreng yang sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas Jambi, kreasi makanan berbahan labu madu dalam pembuatan bolu, nastar, kue lapis, serta berbagai produk karya mahasiswa dengan bahan baku yang mudah dijumpai, seperti abon belut permen kolang kaling, dodol pinang jahe, lulur pinang, rendang jamur, dan lain-lain.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022