Museum Siginjai Jambi mempromosikan koleksi yang ada di Museum melalui perlombaan agar koleksi-koleksi tersebut dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

"Museum Siginjai Jambi melaksanakan beberapa perlombaan untuk memasyarakatkan koleksi yang ada di museum," kata Kepala Museum Siginjai Jambi Ervin Aprianti di Jambi, Selasa.

Beberapa perlombaan yang dilaksanakan oleh Museum Siginjai Jambi diantaranya lomba fotografi, vlog media sosial, karya tulis ilmiah dan lomba video dokumenter. Lomba-lomba tersebut mengangkat tema "Kita kaji, lestarikan nilai-nilai tradisi masyarakat Jambi".

Selain untuk memasyarakatkan museum, lomba tersebut dilaksanakan agar museum sebagai pusat pendidikan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama oleh pelajar dalam menggali ilmu yang tidak di dapatkan di bangku sekolah. Sebab Museum merupakan jendela dunia dan gudang nya Ilmu.

Salah satu lomba yang cukup menarik yakni lomba vlog media sosial museum, di mana peserta dituntut untuk mampu mendeskripsikan koleksi yang terdapat di museum dengan menarik. Karena vlog merupakan salah satu konten yang dekat dengan masyarakat, terutama pelajar.

"Lomba-lomba ini diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat, khususnya pelajar untuk berkunjung ke Museum dengan melihat vlog yang di buat oleh peserta lomba," kata Ervin Aprianti.

Lomba yang dilaksanakan Museum Siginjai Jambi tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak muda di Jambi. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022