Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Hakikat ber-literasi secara kritis dalam masyarakat demokratis diringkas dalam lima verba, yaitu memahami, melibati, menggunakan, menganalisis, dan mentransformasi teks. Kesemuanya merujuk pada kompetensi atau kemampuan yang lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis.

Menurut Alberta, Literasi ialah kemampuan membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan ketrampilan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Dalam praktiknya, segala aktivitas yang berkenaan dengan aktivitas membaca, menulis adalah sebuah kegiatan literasi. Membaca tak hanya teks dalam aksara namun lebih luas, seperti membaca gambar.

SD Negeri 214/IX Bukit Jaya mendukung penuh kegiatan literasi di sekolah. Berawal dari kegiatan wajib membaca di pojok pustaka kelas pada setiap awal belajar, kemudian muncullah ide untuk mempercantik pojok baca tersebut dengan ornamen yang terbuat dari kertas, kain hingga lukisan. Maka muncullah sebuah ide untuk mendekorasi total ruang kelas sehingga tampil lebih menarik dan membuat betah para siswa saat berada di dalamnya. 

Bapak M. Faisal, S.Pd.I selaku guru sekaligus Operator sekolah menyampaikan keinginan para guru untuk memberikan masukan kepada bapak Akmal, M.Pd selaku Kepala Sekolah untuk membuat acara lomba. Kepala sekolah mengakomodir masukan dari para guru melalui rapat sekolah yang melibatkan guru dan kepala sekolah serta perwakilan komite sekolah, lalu para guru merumuskan jenis kegiatan apa yang akan dilaksanakan berkenaan dengan literasi tersebut. Akhirnya disepakati bahwa, Sekolah akan mengadakan serangkaian kegiatan bertajuk “Pekan Literasi Sekolah I”. Selanjutnya, masing-masing wali kelas mengundang para wali murid mengenai kegiatan ini.

Setelah rapat guru bersama wali murid, ramailah suasana sore di sekolah. Mereka bergotongroyong membersihkan ruang dalam hingga luar kelas, kemudian menyulap ruang kelas secantik mungkin. Mulai dari pojok baca kelas, penutup jendela, hiasan langit-langit ruang kelas, hingga kelengkapan administrasi kelas. 

Bu Eli Ermawati, salah seorang wali murid kelas 4 mengatakan bahwa kegiatan ini sungguh menyenangkan karena selain mereka dapat berkumpul bersama orangtua lainnya di sekolah, mereka merasa dikembalikan pada suasana sekolah dahulu. Sementara bu Anggun, wali murid kelas 2 menyebut bahwa kegiatan ini dapat menggali potensi orangtua seperti melukis dinding, membuat anyaman, hingga mendekor meja guru dan siswa. Selain itu, para orangtua juga dilibatkan dalam mengikuti lomba kolaborasi dengan siswa, serta menjadi pelatih bagi peserta utusan kelasnya.

Tepat sebulan setelah memulai persiapan, pada tanggal 15 Maret 2022 Pekan Literasi Sekolah I pun dilaksanakan. Acara resmi dibuka oleh bapak H. Erwanisah, SE selaku Kepala Dnas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi dan dihadiri pula oleh Camat Bahar Selatan, Kepala Desa Bukit Jaya dan beberapa kelapa desa sekitar sekolah, para korwil dan pengawas, para kepala sekolah setingkat SD serta undangan lainnya. Dalam acara pembukaan tersebut, Kepala dinas juga menandatangani sebuah buku fiksi anak berjudul “Kemangi di Tengah Sawah” karangan bapak Akmal, M.Pd dan Bapak M. Faisal, S.Pd.I. keduanya merupakan Fasilitator daerah Tanoto Foundation Kabupaten Muaro Jambi. 

Adapun Kegiatan lomba yang dilaksanakan pada Rangkaian kegiatan tersebut yakni Lomba Dekorasi Kelas, Pojok literasi kelas, taman kelas, lomba membaca puisi, lomba mendongeng, vokal solo orangtua murid, tari kolaborasi murid dan orangtua, serta mewarnai gambar bagi siswa kelas awal. Acara berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 15 hingga 17 Maret 2022. Acara dilaksanakan siang dan malam hari. Cabang lomba seperti lomba tari kolaborasi dan vokal solo dilaksanakan pada malam hari di panggung utama dan menjadi hiburan yang menarik bagi warga desa Bukit Jaya.

Oleh: M. Faisal, S.Pd.I/ Fasilitator Tanoto Foundation

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022